Kompas.com - 05/04/2013, 17:46 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Enam negara yakni AS, Rusia, China, Perancis, Inggris, dan Jerman menghelat kembali dialog nuklir Iran. Kali ini, Almaty, ibu kota Kazakstan, menjadi lokasi penyelenggaraan, tulis AP pada Jumat (5/4/2013).

Selama dua hari ke depan, mitra dialog enam negara itu adalah juru runding Iran. Sebelumnya, pembicaraan terakhir mengenai dugaan pengayaan uranium oleh Iran itu diselenggarakan pada Februari.

Dalam kesempatan itu, Kepala Urusan Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Catherine Ashton, meminta agar pihak Iran memberikan jawaban nyata dan resmi. "Hal ini diperlukan untuk membangun kepercayaan lebih baik," katanya.

Sampai kini, Iran dan pihak Barat memang belum menemukan kata sepakat terkait dugaan pengayaan uranium tersebut. Barat khawatir upaya Iran bisa menciptakan bom nuklir yang mengancam stabilitas dunia. Iran mengatakan bahwa program nuklirnya hanya dimanfaatkan untuk energi dan perdamaian.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.