Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembicaraan soal Nuklir Iran Kembali Buntu

Kompas.com - 07/04/2013, 05:11 WIB

ALMATY, KOMPAS.com — Pembicaraan terkait program nuklir Iran yang berakhir pada Sabtu (6/4/2013) di Almaty, Kazakhstan, tidak menghasilkan kesepakatan apa pun.

Kondisi ini semakin memperpanjang perbedaan pendapat antara negara-negara besar dunia dan Iran yang dikhawatirkan bisa memicu krisis baru.

Meski menemui jalan buntu, belum disepakati jadwal pembicaraan baru. Padahal, pada awal tahun ini negara-negara besar bersikeras bahwa masalah nuklir Iran harus segera diselesaikan.

Ketua Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Catherine Ashton mengatakan, diskusi panjang yang telah dilakukan kedua pihak ternyata tetap tidak mampu menjembatani perbedaan.

"Semakin jelas bahwa posisi kedua pihak tetap tak bisa dipertemukan," kata Ashton yang mewakili AS, Rusia, China, Perancis, Inggris, dan Jerman.

Dalam pembicaraan itu, keenam negara besar ini meminta Iran untuk membatalkan sebagian besar pengayaan uraniumnya dengan imbalan pengurangan sanksi internasional. Namun, Iran menolak tawaran itu.

"Iran mengindikasikan siap melakukan sejumlah langkah kecil," kata seorang diplomat Barat.

Negara-negara besar dunia, khususnya Amerika Serikat, menuding Iran tengah mengembangkan persenjataan nuklir. Namun, Iran menyatakan bahwa proyek-proyek nuklir negara itu sepenuhnya dilakukan untuk keperluan damai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com