Kompas.com - 10/04/2013, 08:27 WIB
EditorAsep Candra

TANYA : 

Selamat Pagi Dok. Bagaimana cara menyembuhkan gusi saya yang mengalami abrasi ke bawah karena penggunaan sikat gigi yang keliru/salah (terlalu keras mengosok), sehingga menyebabkan akar gigi kelihatan? Saya berharap gusi dapat tumbuh kembali untuk menutupi akar gigi. Mohon penjelasan dan solusinya . Terimkasih Ibu.  

(Gara Musabela, 175 cm,  70 kg,  24 tahun, Pekalongan)


JAWAB :

Hai Gara,

Kebiasaan menyikat gigi yang tidak tepat, seperti terlalu kerasnya gerakan menyikat dan penggunaan bulu sikat yang terlalu keras, memang dapat mengakibatkan terkikisnya email gigi di bagian leher gigi yang biasa disebut abrasi gigi. Keadaan ini dapat pula diikuti dengan terjadinya penurunan gusi.

Abrasi gigi dapat pula disebabkan oleh kebiasaan menggunakan tusuk gigi, menghisap rokok menggunakan pipa, pemakaian alat ortodonti dan pemakaian gigi tiruan. Sedangkan penyebab lain yang dikaitkan dengan penurunan gusi adalah adanya plak

Gejala yang timbul ketika email di bagian leher gigi hilang adalah rasa sensitif terhadap panas, dingin, dan pada saat menyikat gigi di daerah tersebut.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya abrasi gigi, antara lain:

1.    Jangan menyikat gigi terlalu keras dan menekan. Gunakan tekanan ringan dan gerakan menyikat gigi yang tepat.
2.    Gunakan bulu sikat gigi yang lembut sampai sedang, dengan kepala sikat gigi yang kecil.
3.    Lebih berhati-hati pada saat menyikat gigi taring dan geraham kecil anda, sebab kedua gigi ini berada di sudut mulut anda. Yang biasanya secara tidak sengaja anda membersihkan bagian ini terlalu berlebihan, sehingga dapat menyebabkan abrasi gigi.
4.    Hindari pasta gigi yang banyak mengandung bahan abrasif, misalnya pasta gigi untuk pemutih (whitening toothpaste).
5.    Hindari penggunaan tusuk gigi, dan beralih ke benang gigi.

Jika abrasi gigi sudah terjadi seperti pada kasus anda, maka perawatan yang dapat dilakukan adalah melakukan penambalan leher gigi dan menutup permukaan akar gigi dengan bahan tambal sewarna gigi. Jika abrasi gigi sudah terlalu dalam sampai menyerang bagian ruang saraf gigi, maka terlebih dahulu harus dilakukan perawatan saluran akar gigi kemudian dilakukan penambalan sewarna gigi.

Alternatif lain untuk merawat abrasi gigi yang diikuti penurunan gusi adalah, melakukan penambalan pada bagian leher gigi, kemudian dilakukan pembedahan gusi untuk menutup permukaan akar gigi.

Anda dapat melakukan perawatan ini ke Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi (Drg., SpKG) dan Spesialis Periodonsia (Drg., SpPerio) yang dapat anda temui di Rumah Sakit Umum Daerah di kota anda.

Demikian Gara, semoga informasinya bermanfaat. Salam gigi sehat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.