Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sarihusada Masuk Anggota Dewan Konsorsium Resiliensi Merapi

Kompas.com - 12/04/2013, 08:59 WIB

KOMPAS.com - PT Sarihusada terpilih menjadi salah satu anggota Dewan Pengurus (Board of Trustee) Konsorsium Resiliensi Merapi bersama sejumlah kalangan masyarakat sipil, perguruan tinggi, pemerintah dan pihak swasta.

Pemilihan tersebut dipimpin langsung oleh Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas dalam Workshop 'Konsorsium Multipihak untuk Pengurangan Resiko Bencana Merapi' yang diinisiasi oleh Food and Agriculture Organization (FAO) dan United Nations Development Programme (UNDP) di Hotel Tentrem, Yogyakarta, Jumat (5/4/2013) lalu.

Konsorsium Resiliensi Merapi merupakan gerakan bersama pengurangan risiko bencana yang bertujuan untuk memperomosikan pendekatan pengurangan risiko bencana Gunung Merapi. Konsorsium bencana tersebut mulai dirintis di Yogyakarta bersama dengan pihak-pihak yang berdedikasi lintas institusi.

Berbagai kalangan yang dipercaya membidangi terbentuknya Konsorsium Resiliensi Merapi adalah GKR Hemas (Tokoh Masyarakat), Yeni Fatmawati (Corporate Affairs & Legal Director Sarihusada), Felia Salim (Wakil Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia), A Rizal Malik (Tokoh LSM),  Tony Prasetiantono (Dosen), Arifin Panigoro (Pengusaha), dan Meth Kusumohadi (Tokoh LSM).

Dewan Pengurus Resiliensi Merapi bertugas menjadi pemegang mandat penuh dari Rapat Umum Anggota (RUA) untuk menjamin tercapainya visi dan misi organisasi. Adapun, RUA merupakan pemegang kekuasaan tertinggi yang berperan dalam pengambilan keputusan terkait upaya pengurangan risiko bencana yang sistematis dan integratif Kawasan Merapi.

Dewan Pengurus juga bertugas menetapkan Badan Pengawas konsorsium yang bertugas melakukan pengawasan terhadap kinerja organisasi, mulai dari rencana kerja, program, strategi, hingga mekanisme kerja. Badan pengawas ini terdiri dari tokoh masyarakat, perwakilan organisasi masyarakat sipil dan pemerintah provinsi DIY dan Jawa Tengah.

"Revitalisasi ekonomi dan sosial masyarakat yang menjadi korban erupsi Merapi merupakan tanggung jawab bersama para pihak. Oleh karena itu, kami harapkan dengan adanya konsorsium ini dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman warga Merapi dalam menghadapi situasi bencana. Sehingga akan tercipta masyarakat yang tangguh bencana," ujar Corporate Affairs and Legal Director Sarihusada Yeni Fatmawati dalam siaran persnya Rabu, (10/4/2013) .

Sebelumnya, Sarihusada juga telah membangun 'Pusat Pelayanan Pertanian dan Peternakan Terpadu' yang merupakan bagian dari program revitalisasi masyarakat korban bencana Merapi.

Fasilitas ini dibangun di Padukuhan Plosokerep, Desa Umbulharjo, Sleman, Yogyakarta. Pusat Pelayanan Pertanian dan Peternakan Terpadu seluas 1,7 hektar tersebut terdiri dari fasilitas perkandangan modern yang akan menampung 240 ekor sapi perah dilengkapi dengan milking equipment, laboratorium mini, cooling unit, biogas digester dan pembuatan kompos.  Fasilitas belajar bagi petani dan peternak, serta lahan percontohan permanen untuk budidaya pertanian, perikanan dan peternakan ternak kecil juga akan dibangun di lokasi yang sama.

Di luar Pusat Pelayanan Pertanian dan Peternakan Terpadu ini, Sarihusada bersama para pihak terkait juga membantu petani di 5 desa di Kabupaten Sleman yaitu Desa Umbulharjo, Desa Kepulharjo, Desa Glagaharjo, Desa Hargobingangun, dan Desa Purwobinangun dalam mengembangkan usaha di bidang pertanian, peternakan non sapi perah dan usaha produktif lainnya berbasis sumberdaya lokal.

Selain membantu petani dan peternak korban erupsi merapi, Sarihusada juga terus melanjutkan program Peningkatan Mutu Susu, yakni program yang ditujukan bagi peternak-peternak sapi perah di lereng merapi berupa kegiatan-kegiatan pembinaan kepada peternak dan pengurus koperasi susu.

"Program-program tersebut, diharapkan bisa membantu masyarakat dalam membangun sistem mata pencahariannya, sekaligus ikut membantu dalam meningkatkan kohesifitas sosial sebagai salah satu komponen penting dalam menghadapi kebencanaan," tandas Yeni Fatmawati. (*)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com