Kompas.com - 16/04/2013, 08:58 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Dok.. Pada tahun 2011, dokter menyarankan saya untuk operasi pengangkatan testis karena testis saya ukuranya lebih besar dari sewajarnya dan dikemoterapi. Sebelumya pada tahun 2003 saya juga telah dioperasi hernia karena salah satu testis saya tidak turun.. Sekarang saya sudah menikah dan dapat melakukan hubungan suami isteri. Eraksi saya normal dan dapat mengeluarkan cairan sperma. Pertanyaan saya apakah saya bisa memperoleh keturunan?

(Edward, 32, Medan)

JAWAB :

Saya tidak tahu dengan pasti apa yang telah Anda alami. Tetapi kalau testis Anda dioperasi, berarti kini Anda hanya mempunyai satu testis. Hanya dengan satu testis, kemungkinan kesuburan Anda terganggu.

Tetapi kalau testis yang satu ini tidak normal karena dulu tidak turun ke dalam kantungnya, maka kesuburan mungkin terganggu. Untuk memastikan, Anda memerlukan pemeriksaan sperma (analisis sperma).

Perlu Anda ketahui, walaupun Anda mengeluarkan sperma (ejakulasi) ketika melakukan hubungan seksual, itu tidak berarti kesuburan Anda baik. Sperma yang keluar tidak mencerminkan kesuburan yang baik.

Saya sarankan Anda mendapat pemeriksaan yang benar, termasuk analissi sperma untuk mengetahui keadaan kesuburan Anda.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.