Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Sehat dan Seksi, Sella Sukses Turunkan 36 Kg!

Kompas.com - 22/04/2013, 07:47 WIB

KOMPAS.com - Gadis berusia 25 tahun ini meraih salah satu pencapaian luar biasa dalam hidupnya. Betapa tidak! Dulu ia memiliki bobot lebih dari 80 kilogram. Kini ia memiliki tubuh seksi dan ramping setelah berhasil menurunkan berat badannya hingga mencapai 44 kilogram, berkat diet, olahraga, dan motivasinya yang sangat kuat.

“Berawal dari ketidaknyaman yang saya lalui saat itu. Cepat lelah karena serasa membawa beban yang sangat berat. Sulit mendapatkan ukuran baju, tidak bisa “bergaya” seperti wanita pada umumnya. Wajah terasa tidak fresh ditambah alasan-alasan klasik lainnya memacu saya untuk mengubah pola hidup saya. Terutama diet,” ungkap wanita bernama lengkap Sella Anjani ini membuka cerita.

My Body Is My Empire

Sebelum mengenal diet sehat, Sella sempat mencoba berbagai “magic pill” yang menjanjikan penurunan berat badan instan. Setelah menggunakan obat diet tersebut, awalnya Sella sangat gembira karena berat badannya bisa turun beberapa kilogram. Namun, setelah berhenti mengonsumsi obat tersebut, berat badannya malah naik lebih banyak dari sebelumnya.

“Pada saat itu saya berpikir saya tidak mau bereksperimen dengan tubuh saya. My body is my empire. Saya mau yang terbaik buat tubuh saya. Jadi, kalau saya ingin sehat dan seksi, saya harus total menjalaninya, dengan diet dan berolahraga!” kata penggemar warna hitam ini mengenang awal ia berdiet.

Jogja, gudangnya makanan

Sedikit bercerita tentang kebiasaannya sebelum mengenal diet sehat dan olahraga, Sella mengungkapkan bahwa dulu ia bekerja dan kuliah di salah satu perguruan tinggi negeri ternama di kota Yogyakarta. Jadi, kesibukan harian Sella cuma untuk kuliah dan kerja yang cukup menyita waktu.

"Bisa di bilang pola diet dan aktivitas jasmani saya buruk sekali. Makan seadanya apa yang didapat. Semua junk food, fast food. Apalagi Jogja adalah gudangnya makanan. Selain itu pola tidur saya berantakan. Tidur hanya 4-5 jam, karena kebanyakan begadang dan kumpul-kumpul bersama teman. Jadi malu ingat-ingat masa dulu. Hahaha…” ujar Sella sambil tertawa.

Rambut rontok akibat diet asal-asalan

Saat memulai berdiet, wanita yang mendapat julukan Miss Sello ini mencari informasi sebanyak mungkin, baik lewat buku, internet, dan berbagai media lainnya, sampai-sampai ia rela membeli buku tentang diet sebanyak mungkin daripada membeli baju atau kosmetik.

Sella bahkan sempat mencoba berbagai diet. Dari diet golongan darah, kombinasi, low carb, south beach, Atkins, Paleo, sampai high/low carbs diet. "Dulu saya pernah menjalani diet ngawur dan karena kekurangan informasi yang tepat, rambut saya sempat rontok dan muka kelihatan tidak fresh, badan lemah lesu. Tapi setelah mengetahui kesalahan yang saya buat, dengan segera saya perbaiki. Dan pada akhirnya setelah itu tidak ada masalah sama sekali. Saya mencintai diet yang saya jalani saat ini!" tandasnya.

Pola low carbs & high carbs

Di saat sedang banyak aktivitas, Sella menerapkan pola diet 2 hari low carbs dan 1 hari high carbs. Pola makan pada diet ini tergantung aktivitas. Berikut ini contoh pola makan yang diterapkan oleh Sella:

- Sarapan (1 jam sebelum lari pagi)

    Oatmeal + 4 telur putih dan 1 kuning + brokoli
    Atau smoothies yang terdiri dari 1 ubi ungu + alpukat + sedikit kayu manis + whey protein

- Snack setelah lari

    Low carbs: whey protein + bubuk matcha/green tea
    High carbs: seperti low carbs tapi ditambah pisang atau protein bar

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com