Kompas.com - 23/04/2013, 10:08 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Banyak yang mengatakan wanita yang hamil di usia relatif muda cenderung lebih mudah langsing kembali setelah melahirkan. Namun, hasil penelitian menunjukkan hal sebaliknya.

Wanita yang hamil di usia remaja berpotensi lebih besar mengalami kegemukan di usia lanjut. Demikian menurut studi yang melibatkan wanita yang hamil untuk kali pertama di usia 13-19 tahun. Risiko mereka mengalami obesitas 32 persen lebih tinggi dibanding yang hamil kali pertama di atas usia 20 tahun.

"Kehamilan di usia remaja memiliki risiko komplikasi kesehatan lebih besar, antara lain melahirkan bayi dengan berat rendah, mengganggu pendidikan ibu, hingga obesitas di usia lanjut," kata dr Tammy Chang dari University of Michigan Medical School.

Penelitian yang dilakukan Chang tersebut berdasarkan tinjauan data terhadap 5.220 wanita berusia 20-29 tahun, kemudian dibandingkan antara mereka yang melahirkan di usia remaja dan tidak.

Hasil penelitian juga menunjukkan hanya sedikit wanita yang melahirkan di usia remaja memiliki berat badan normal, dibandingkan dengan wanita yang hamil dan melahirkan di usia dewasa.

"Penanganan terhadap ibu melahirkan usia remaja selama ini lebih difokuskan pada perawatan anak, rumah, pendidikannya, sosial, serta dukungan finansial. Hanya sedikit yang melihat dampak jangka panjang dari kehamilan usia remaja," katanya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.