Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/04/2013, 10:57 WIB

KOMPAS.com - Memiliki berat badan ideal adalah idaman bagi semua yang ingin menjalani hidup sehat. Masalahnya, masih banyak yang beranggapan bahwa memiliki bobot ideal dan proporsional adalah hal yang sulit. 

Padahal, memiliki berat yang ideal tidak sesulit yang dibayangkan. Rahasianya terletak pada seberapa konsisten Anda melakukan perubahan kecil yang sehat dalam hidup. Perubahan kecil inilah yang akan membawa kebiasaan baru dan dapat membantu meraih berat badan ideal.

Tidak peduli berapa banyak target Anda menurunkan berat badan, semua program diet sehat memiliki prinsip dasar yang sama, yaitu mulai dengan perlahan, temukan momentum yang tepat, dan konsisten menjalaninya.

Rahasia memangkas 100 Kalori per hari

Mereka yang mengalami kelebihan berat badan biasanya mengasup terlalu banyak kalori dalam makanan yang mereka konsumsi, sehingga kalori yang tidak terpakai akan disimpan menjadi lemak dan menambah berat badan.

Bahkan, saat tubuh hanya kelebihan sekitar 20 kalori saja, maka berat badan bisa bertambah 1 kilogram dalam setahun. Dan sebaliknya, jika Anda bisa mengurangi asupan kalori sebanyak 20 kalori saja setiap hari, maka dalam setahun Anda bisa menurunkan berat badan sebanyak 1 kilogram.

Nah, sekarang kita akan bermain matematika sederhana. Menurut laman www.weightloss.com, setengah kilogram lemak tubuh kurang lebih setara dengan 3.500 kalori. Jadi, untuk menurunkan setengah kilogram berat badan dalam waktu satu bulan, yang perlu Anda lakukan adalah memotong kurang lebih 100 kalori perhari.

Mungkin Anda akan mengatakan bahwa cara ini terlalu lama dan hanya membuang waktu karena berat badan Anda hanya turun sekitar 6 kilogram dalam setahun. Tapi perlu diingat, penelitian telah membuktikan bahwa orang-orang yang menurunkan berat badan secara perlahan lebih konsisten dalam menjalankan program dietnya daripada mereka yang lebih memilih program diet instan.

Selain memangkas kalori dari makanan, ada cara lain untuk memaksimalkan program penurunan berat badan Anda, yaitu dengan meningkatkan aktivitas fisik harian Anda. Misalnya, untuk membakar kelebihan 250 kalori, Anda bisa jalan kaki selama 30 menit setiap hari. Jika Anda konsisten melakukannya, bukan tidak mungkin Anda berhasil menurunkan berat badan sebanyak 16 kilogram dalam setahun. Mudah sekali bukan?

Berikut 10 perubahan kecil yang bisa Anda lakukan untuk memotong 100 kalori harian demi mencapai berat badan ideal :

 1.   Makan 2 telur rebus daripada 2 telur goreng
 2.   Pilih 1 buah jeruk atau 1 buah apel daripada ‘ngemil’ biskuit
 3.   Sertakan buah saat sarapan agar kenyang lebih lama
 4.   Bagi separuh kantong keripik kentang kesukaan Anda bersama teman
 5.   Perbanyak minum air putih daripada minum yang manis-manis
 6.   Jika Anda terbiasa makan di luar, kurangi kebiasaan Anda hingga setengahnya. Makanan di luar terkadang tinggi gula, lemak, dan zat aditif berbahaya
 7.   Selalu sertakan sayuran di setiap waktu makan
 8.    Rajin-rajinlah membersihkan rumah seperti menyapu dan mengepel lantai
 9.    Jalan kaki 30 menit setelah bangun tidur
10.   Bersepeda 20 menit setiap hari

Tujuan utama dari apa yang kita bahas di sini adalah untuk membuat perubahan kecil dalam hidup yang bisa kita jalankan secara terus-menerus demi mencapai berat badan ideal. Selamat mencoba!   (dan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com