Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/04/2013, 09:37 WIB

Kompas.com - Apakah karbohidrat perlu dimusuhi? Benarkah daging ayam tanpa kulit lebih sehat? Perbaharui informasi Anda seputar pola makan dengan fakta-fakta berdasarkan studi terbaru.

1. Vitamin C mencegah flu
Penelitian menunjukkan vitamin C tidak secara khusus mencegah datangnya flu, kecuali diantara atlet maraton, atlet ski, atau tentara.

2. Wortel mentah lebih bernutrisi
Banyak orang percaya makanan mentah selalu lebih sehat. Padahal, wortel yang dimasak memiliki kandungan nutrisi lebih tinggi. Proses memasak ternyata akan memecah dinding sel yang membungkus beta karoten.

3. Selalu masak daging ayam tanpa kulit
Apa pun bentuk masakan Anda, goreng, bakar, atau rebus, sebaiknya masak ayam bersama dengan kulitnya supaya kerenyahannya tetap terasa. Sebelum dimakan baru buang kulitnya.

4. Hindari telur ayam karena kandungan kolesterolnya
Selama ini telur selalu mendapat predikat buruk sebagai sumber kolesterol. Tetapi studi teranyar menyebutkan bahwa telur tidak meningkatkan kadar kolesterol. Malah, telur adalah sumber pangan hewani yang murah dan bernutrisi tinggi. Untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap normal, perhatikan asupan asam lemak jenuh dari pola makan Anda.

5. Sedikit karbohidrat lebih sehat
Memilih jenis karbohidrat yang sehat, terutama yang terbuat dari biji-bijian utuh, sangat penting untuk menjaga tubuh tetap sehat sekaligus menjaga berat badan.

6. Margarin mengandung kalori lebih sedikit dari butter
Sebenarnya butter dan margarin memiliki kandungan kalori yang sama. Tetapi meski margarin terbuat dari minyak tumbuhan dan harusnya lebih sehat dari butter, ternyata margarin mengandung lemak trans yang berbahaya bagi kolesterol.

7. MSG memicu sakit kepala
Mungkin bukan monosodium glutamat yang sering memicu sakit kepala. Sebagian besar orang memiliki reaksi tertentu pada histamin, tiramin, dan pheniletilamin.

8. Pasien diabetes harus pantang gula
Bila tidak terlalu sering, pasien diabetes boleh saja mengonsumsi gula asalkan dalam jumlah sedang. Kunci untuk menjaga kadar gula darah tetap sehat adalah pola makan seimbang dan mengandung variasi karbohidrat, lemak, dan protein.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com