Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering "Nge-blank" dan Berhalusinasi, Pertanda Apa?

Kompas.com - 26/04/2013, 09:48 WIB

TANYA : 

Dok, kenapa ya saya suka merasa otak nge-blank sebentar dan lupa dengan apa yang saya bicarakan, atau lupa dengan apa yang saya lakukan. Terkadang suka “ngaco” juga kalo ngomong tidak nyambung lalu sering muncul pemikiran paranoid gitu. Kondisi ini tidak separah dulu walaupun terkadang sering muncul juga. Yang paling saya tidak suka, entah kenapa terkadang muncul di kepala saya pemikiran seperti ini : Semua yang saya lihat ini cuma halusinasi saja, yang sebenarnya terjadi saya ini orang gila yang jalan ke mana", atau saya sedang koma di rumah sakit.  Pernah juga seperti ini ; yakni ketika saya bertemu orang, saya merasa ini tadi nyata cuma ilusi saya saja.

Intinya, yang muncul itu pikiran untuk menggoyahkan keyakinan diri saya, walapun sering saya tepis dan tetap yakin dengan diri saya sekarang ini bahwa saya orang normal dan sehat...Tetapi capek juga kayak gini terus, sehingga saya sulit untuk konsentrasi.. Dan yang terakhir, kenapa sejak saya mengalami hal ini saya jadi susah bertatap mata saat berkomukasi dengan orang lain.  Seperti menjadi orang pemalu gitu dan susah bersosialisasi kalau berbicara. Saya terkadang suka kehilangan perbendaharaan kata. Saya jadi binggung mau bilang apa....sehingga sekarang saya sering memperhatikan orang lain bagaimana cara bersosialisasi dengan baik dan mencoba menirunya.  Apa yang sebenarnya saya alami Dok?

(Algibran, 26, Tengerang)

 

JAWAB :

Algibran yang baik,

Kebingungan yang dialami saudara bisa merupakan suatu kondisi awal dari suatu gangguan yang disebut skizofrenia. Tentunya, memerlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh psikiater sebelum sampai pada diagnosis ini.

Ada beberapa hal yang sering menjadi gejala awal pasien skizofrenia yang terjadi pada diri saudara. Adanya pemikiran aneh seperti merasa dunia ini tidak nyata atau dalam khayalan saudara, merasa bingung berlebihan dengan kondisi diri sendiri, ada pembicaraan yang kacau dan menghindar dari pergaulan sosial.

Sekali lagi, tentunya perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan. Usia saudara sudah cukup matang sebenarnya untuk bisa membedakan antara fantasi dan kenyataan, jika kesulitan membedakan hal tersebut maka hati-hati karena hal tersebut merupakan salah satu tanda gangguan jiwa skizofrenia. Semoga membantu.

Salam Sehat Jiwa

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com