Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/04/2013, 09:33 WIB

KOMPAS.com - Tak perlu menunggu lama untuk mendapatkan hasil dari perawatan kulit yang rutin Anda lakukan. Dengan teknologi kosmetik serum, Anda bisa menikmati hasil maksimal dalam waktu singkat.

Serum merupakan konsentrat bahan aktif yang berbasis air atau minyak. Konsentrasi bahan aktif dalam serum sekitar 10 kali lebih tinggi dibandingkan dengan produk krim, namun lebih cepat diserap dan lebih efektif mengatasi masalah kulit.

Menurut dr.Hanny Nilasari, Sp.KK, serum merupakan salah satu formulasi topikal atau olesan, selain krim, salep, bubuk, pasta, atau cairan.

"Dalam hal penyerapan ke kulit serum yang paling baik, tetapi bahan aktifnya cukup tinggi. Padahal area kulit yang dipakai minimal. Untuk itu harus hati-hati dalam pemakaiannya agar tidak mengiritasi kulit," katanya dalam acara Nivea Class memperkenalkan Nivea Whitening Body Serum di Jakarta, Kamis (25/4/13).

Selain serum, sebenarnya ada cara lain untuk memaksimalkan penyerapan bahan aktif ke kulit, yakni secara oral atau pun sistemik. "Bahan-bahan yang dipakai topikal atau dioles ke kulit memang daya penetrasinya lebih lambat dibanding oral atau sistemik. Tetapi sebenarnya menguntungkan karena jika ada reaksi alergi efeknya tak muncul seketika," imbuhnya.

Namun perlu diperhatikan bahwa serum tidak bisa dipakai secara simultan untuk mengatasi sekaligus berbagai masalah kulit. Jika produk serum untuk mengatasi kulit kering, maka produk tersebut hanya mengandung komponen pelembab saja. Demikian juga halnya dengan serum untuk peremajaan kulit, mungkin ia hanya berisikan kolagen, elastin, atau ekstrak plasenta.

Keunggulan lain dari kosmetik berbentuk serum adalah bisa dipakai siapa saja, pria dan wanita. Namun Hanny tidak menyarankan penggunaan produk berbasis serum pada anak-anak dan bayi.

Pelembab

Serum umumnya dipakai dalam produk antipenuaan, pencegah jerawat, hingga perawatan rambut. Kini serum juga hadir dalam produk pelembab tubuh.

Nivea, produk perawatan kulit dari Jerman, memperkenalkan Nivea Whitening Body Serum, yang bukan hanya melembabkan kulit tapi juga mencerahkan.

"Penelitian kami menunjukkan penggunaan produk ini secara teratur akan membuat kulit lebih cerah dan lembut dalam dua minggu," kata Ariani Rudjito, brand manager Nivea.

Ariani menjelaskan, produk pencerah kulit sampai saat ini masih menjadi produk perawatan kulit yang paling banyak dicari konsumen.

"Perempuan Indonesia masih berlomba-lomba mencerahkan kulitnya. Survei kami menunjukkan pasar produk pencerah kulit menguasai 62 persen dari seluruh produk kosmetik," katanya.

Nivea Whitening Body Serum, lanjut Ariani, mengandung konsentrasi vitamin C tinggi dan kandungan ekstrak Camu-camu berry untuk mencerahkan kulit.

"Produk ini mengandung serum vitamin C dengan tingkat kemurnian vitamin C hampir 95 persen. Kandungan serumnya sendiri masih aman untuk dipakai sehari-hari," katanya.

Penggunaan kosmetik yang mengandung konsentrat atau serum bukan hanya membuat kita mendapatkan efek segera, tetapi juga menimbulkan kepuasan tersendiri karena hasilnya bisa dilihat dengan cepat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com