Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/04/2013, 10:01 WIB

TANYA:
 
Siang Dok, apakah janin yg baru berusia 3 minggu yang divonis tidak berkembang bisa dinyatakan keguguran? Apakah masih bisa dipertahankan? Saya positif hamil 3 minggu dan ukuran janin masih tiga mili, wajarkah dok? Mohon penjelasannya, Trims.
 
Nurmalasari (Jakarta Timur)

JAWAB:
Ibu nurmalasari Yth.
Keadaan janin tidak berkembang bisa berarti janinnya ada dan selanjutnya tidak ada perkembangan. Artinya tidak bisa dipertahankan lagi. Jadi di kuret saja. Tapi kalau janinnya belum terlihat, ada yang namanya kehamilan kosong. Kita dapat tunggu sampai hamil 8 minggu dan kalau janinnya tetap tidak tampak, maka termasuk kategori hamil kosong, jadi harus dikeluarkan.

Sebenarnya tidak ada hamil 3 minggu dan biasanya kalau hamil 3 minggu memang belum tampak tanda hamil. Jadi kita tunggu saja ya, sampai 8 minggu. Terimakasih atas konsultasinya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com