Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merawat Rumah Bagi Pengidap Alergi

Kompas.com - 29/04/2013, 14:06 WIB

KOMPAS.com - Mengidap alergi bukan hal yang menyenangkan. Hanya karena hal-hal sepele seperti debu dan tungau, aktivitas Anda sepanjang hari dapat terhambat.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini sepuluh tips merawat rumah bagi Anda yang mengidap alergi:

1. Tentukan dan patuhi jadwal membersihkan rumah

Sebisa mungkin, hindari adanya debu dan bulu binatang di dalam rumah Anda. Pastikan Anda mengelap permukaan di dalam rumah dengan lap lembab ketimbang sekedar menggunakan kemoceng untuk menghilangkan debu. Menggunakan kemoceng hanya "membuang" debu kembali ke udara.

2. Biasakan melepas sepatu di dalam rumah

Cara ini merupakan salah satu cara menghindari masuknya debu dan serbuk sari dari luar rumah. Anda bisa menyediakan sandal khusus dalam rumah untuk tamu dan anggota keluarga Anda.

3. Ganti pembersih vakum di rumah

Ada baiknya Anda segera mengganti pembersih vakum dengan filter HEPA yang mampu menyerap alergen.

4. Mengganti gorden

Selain pembersih vakum, Anda juga perlu mengganti gorden dengan bahan lebih ringan dan memiliki sedikit lipatan. Gorden berbahan berat dan penuh lipatan dapat menyimpan lebih banyak debu dan alergen. Anda juga dapat mengganti gorden Anda dengan tirai (blinds) yang dapat dengan mudah Anda bersihkan.

5. Hindari karpet

Mulai sekarang, baiknya menghindari penggunaan karpet, terutama karpet yang menutupi seluruh lantai rumah Anda. Karpet jenis ini sangat sulit dibersihkan.

Usahakan menggunakan lantai dengan jenis lain seperti kayu, keramik, atau linoleum. Jika terpaksa menggunakan karpet, jangan lupa untuk membersihkannya secara berkala dengan menggunakan pembersih vakum berfilter HEPA. Setelah itu, bersihkan kembali dengan pembersih uap. Cara ini memastikan Anda membersihkan karpet dengan temperatur yang tepat. Temperatur terlalu rendah tidak mampu menghilangkan penyebab alergi dari karpet.

6. Melapisi peralatan tidur

Anda bisa segera melapisi matras, bantal, dan guling di kamar Anda. Kebiasaan ini mampu melindungi Anda dari tungau debu. Jangan lupa, pastikan Anda membersihkan seprai dan sarung bantal-guling Anda dengan air hangat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com