Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/05/2013, 10:02 WIB

TANYA :

Dokter, saya sudah lama mengalami masalah mendengkur pada saat tidur dan sekarang suara dengkuran saya cukup kuat. Selain itu, pada saat tidur seakan akan saya tidak nyenyak, dan pernapasan sesak. Yang mau saya tanyakan, apakah dengkuran saya termasuk kategori berat? Adakah pengaruhnya dengan makanan dan minuman yang saya konsumsi, misalnya kopi. Adakah obat khusus yang bisa dibeli untuk mengurangi atau mencegahnya karena saya jauh dari sleep clinic, atas jawaban dari dokter saya ucapkan terima kasih.

(Thelau, 35, Sibolga)


JAWAB :

Pak Thelau,

Kategori berat ringannya gangguan tidur tidak dapat ditentukan hanya berdasarkan gejala yang Bapak ceritakan, tetapi mau tidak mau harus melalui suatu prosedur yang disebut pemeriksaan tidur atau sleep study yang dilakukan di Sleep Clinic.

Terapi untuk penderita OSA (Obstructive Sleep Apnea) saat ini bukanlah melalui obat, tetapi berdasarkan berat ringannya. Bisa melalui rujukan ke dokter spesialis terkait seperti THT, gigi, paru dan lain sebagainya untuk mengatasi penyebabnya. Atau dengan menggunakan suatu alat yang disebut dengan CPAP (Continous Positive Airway Pressure) jika kelainannya memang tergolong berat. 

Makanan berat sebelum tidur, konsumsi minuman tertentu seperti kopi ataupun alkohol memang bisa menjadi faktor penyebab dari gangguan tidur yang mungkin Bapak hadapi Semoga jawabannya bisa membantu. Terima kasih.


Dijawab oleh : dr. Lanny S. Tanudjaja

Informasi lebih lanjut hubungi : 021 – 27625500 ext. 1000 Sleep Clinic - Rs. Premier Bintaro

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com