Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/05/2013, 10:14 WIB

TANYA :

Mohon informasi mengenai gangguan tidur yang saya alami. Sepanjang waktu, tidur saya sering mengalami mendusin (terbangun tiba-tiba). Dalam masa tidur, saya  bisa terbangun antara 2 sampai 3 kali semalam. Apakah kondisi ini dapat menganggu kesehatan saya ? Dan bagaimana cara mengatasinya? Terimakasih.

(Yendie, 58, Jakarta)

JAWAB :

Harus diketahui terlebih dahulu apa penyebab Bapak sering terbangun di malam hari. Apakah karena Bapak mendengkur? Seringkali mendengkur menjadi penyebab kita terbangun di malam hari. 

Mendengkur bisa menjadi penyebab terjadinya henti nafas waktu tidur yang akan menggangu kesehatan bila dibiarkan karena dalam waktu lama dapat menyebabkan terjadinya hipertensi, DM, penyakit jantung koroner dll akibat berkurangnya kadar oksigen (O2)  akibat henti nafas sewaktu tidur tersebut.


Dijawab oleh : dr. Lanny S. Tanudjaja

Informasi lebih lanjut hubungi : 021 – 27625500 ext. 1000 Sleep Clinic - Rs. Premier Bintaro

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com