Kompas.com - 06/05/2013, 10:21 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:
 
Dokter saya seorang ibu rumah tangga usia 35 tahun dengan seorang putra usia 4,5 tahun. Saat ini saya menderita miom yang harus di operasi dan disarankan juga untuk diangkat rahimnya karena sudah sangat mengganggu setiap bulan selalu pendarahan hebat berupa gumpalan darah hitam.
 
Pertanyaan saya:  1.apakah tdk ada solusi lain selain pengangkatan rahim mengingingat saya masih ingin punya momongan lagi 2.Apa pengaruh pengangkatan rahim bagi wanita?
 
Setyani (Yogyakarta)

JAWAB:

Ibu Setyani Yth.
Kalau dari data yang ibu sampaikan, kelihatannya miom dengan komplikasi perdarahan ya. Secara teoritis akan dilakukan kuretase dulu. Bila tidak ada tanda ganas maka operasi pengangkatan miom saja ya.

Memang dalam proses operasi mungkin saja terjadi situasi yang tidak memungkinkan untuk mengangkat miom saja sehingga perlu diangkat rahimnya. Tapi itu jarang.

Kalau sampai rahim diangkat maka ibu tidak bisa hamil lagi. Efek lainnya tidak ada, karena fungsi hormonal tetap baik. Kedua ovarium tidak diangkat. Jadi silahkan di pertimbangan. Terimakasih atas konsultasi nya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.