Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/05/2013, 14:25 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Banyak orang yang merasa lebih cocok memakai lensa kontak ketimbang kacamata untuk memperbaiki fokus penglihatan. Sayangnya, penggunaan lensa kontak yang semakin mudah tak dibarengi dengan perawatan kebersihan yang baik.

Jika kita kurang teliti dalam membersihkan, lensa kontak bisa menjadi sumber infeksi. Itu sebabnya para pengguna lensa kontak harus mewaspadai 8 kondisi berikut ini.

1. Saat menyentuh lensa kontak
Cuci tangan dengan sabun sebelum menyentuh lensa kontak atau mata Anda. Sebaiknya kuku tidak terlalu panjang agar tidak menggores lensa. Jangan pernah menggunakan air keran atau air ludah untuk membersihkan lensa. Hanya gunakan cairan pembersih khusus lensa kontak.

2. Dipakai terlalu lama
Ada alasan penting mengapa para dokter tak menyarankan penggunaan lensa kontak terlalu lama. Lensa kontak menghambat oksigen ke mata. Jika Anda menggunakannya terlalu lama, misalnya malas membukanya saat tidur, bisa berpotensi menyebabkan luka pada kornea.

3. Menggunakan obat
Anda harus membuka dulu lensa kontak sebelum memakai berbagai jenis obat tetes mata. Namun, beberapa jenis obat, seperti pil kontrasepsi yang meningkatkan hormon estrogen bisa membuat mata lebih sensitif dan lebih kering. Demikian juga dengan obat jerawat yang bisa menyebabkan sensasi gatal pada mata.

4. Mata terlalu kering
Karena lensa kontak melapisi permukaan mata dan menahan oksigen, banyak pengguna lensa kontak yang mengalami mata kering. Kekeringan tersebut bisa bertambah parah dalam kondisi tertentu, seperti di pesawat, di cuaca kering, atau minum alkohol.

5. Cairan pembersih
Cairan pembersih (solution) lensa kontak memiliki banyak variasi, ada yang hanya membilas, membunuh kuman, atau membasahi mata untuk meningkatkan produksi air mata. Setiap produk tersebut mengandung pengawet yang bisa kadaluarsa atau mengiritasi mata. Karena itu hindari memakai produk yang sudah lewat masa pakainya. Selain itu, hindari kebiasaan memindahkan solution ke wadah kecil saat traveling karena bisa meningkatkan risiko kontaminasi.

6. Berdandan
Alat make-up bisa menjadi sarana infeksi. Untuk itu hindari meminjamkan maskara, eyeliner, atau eye shadow, dengan orang yang sedang sakit mata atau matanya iritasi. Selain itu, pakailah lensa kontak sebelum berdandan dan lepaslah lensa kontak sebelum membersihkan kosmetik.

7. Di luar ruangan
Partikel kecil di udara seperti debu, asap, atau bulu binatang, bisa masuk ke mata dan membuat iritasi. Lebih disarankan untuk tidak memakai kacamata saat naik motor.

8. Berenang
Tentu tak mungkin berenang dengan kacamata. Tetapi memakai softlens saat berenang di kolam yang mengandung klorin bisa membuat lensa kontak terkontaminasi. Sebaiknya lepaskan lensa kontak saat berenang dan tunggu satu jam sebelum memakai lensa kontak kembali.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+