Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/05/2013, 10:32 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Susu sebagai sumber kalsium yang baik memang perlu dikonsumsi untuk menjamin pertumbuhan tulang yang sehat. Namun ternyata kalsium saja tidak cukup. Sebuah riset baru menunjukkan biji-bijian, cokelat hitam, salmon, dan almond juga penting untuk kesehatan tulang anak. Makanan-makanan ini kaya akan magnesium.

Hasil riset yang dibahas dalam pertemuan tahunan Pediatric Academic di Washington DC ini menemukan bahwa makanan yang kaya magnesium memiliki peranan penting dalam membangun tulang.

Ketua studi Steven Abrams, seorang profesor pediatrics di Baylor College of Medicine di  Houston mengatakan, banyak nutrien yang penting untuk kesehatan tulang anak, salah satu magnesium.

"Kalsium penting, namun pada anak dan remaja yang sangat kekurangan asupannya, kalsium tidak lebih penting dari magnesium," ujar Abrams.

Magnesium sudah diketahui sebagai elemen penting bagi kesehatan tulang bagi orang dewasa. Namun baru sedikit studi yang meneliti dampak asupan magnesium pada kesehatan tulang anak.

Dalam riset ini, para peneliti melibatkan 63 orang anak yang berusia empat hingga delapan tahun. Anak-anak ini tidak meminum suplemen multivitamin atau mineral apapun saat terlibat dalam riset.

Selama mengikuti riset, anak-anak dicatat asupan makanan yang dimakan. Kemudian mereka dikarantina selama dua malam agar bisa mendapat makanan dengan kadar kalsium dan magnesium yang terukur.

Selama dikarantina, kadar kalsium dan magnesium mereka diukur dengan menggunakan teknik yang disebut isotop stabil. Teknik ini dilakukan dengan memberikan magnesium dan kalsium non-radioaktif pada anak-anak, secara intravena dan oral. Kemudian anak-anak menjalani tes urin.

Dengan mengukur isotop stabil dalam urin, para peneliti bisa mengetahui berapa banyak kalsium dan magnesium diserap ke dalam tubuh. Selain itu para peneliti juga mengukur kepadatan mineral tulang dengan teknik sinar X.

Hasil riset menunjukkan, jumlah magnesium yang dikonsumsi dan diserap adalah prediktor kunci seberapa sehat tulang anak. Meskipun demikian, kalsium juga berhubungan secara signifikan terhadap kepadatan mineral tulang.

"Kami percaya bahwa sangat penting bagi anak-anak untuk memiliki pola makan yang sehat dan seimbang, dengan sumber mineral yang baik, termasuk kalsium dan magnesium," pungkas Abrams.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+