Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/05/2013, 10:32 WIB

KOMPAS.com - Susu sebagai sumber kalsium yang baik memang perlu dikonsumsi untuk menjamin pertumbuhan tulang yang sehat. Namun ternyata kalsium saja tidak cukup. Sebuah riset baru menunjukkan biji-bijian, cokelat hitam, salmon, dan almond juga penting untuk kesehatan tulang anak. Makanan-makanan ini kaya akan magnesium.

Hasil riset yang dibahas dalam pertemuan tahunan Pediatric Academic di Washington DC ini menemukan bahwa makanan yang kaya magnesium memiliki peranan penting dalam membangun tulang.

Ketua studi Steven Abrams, seorang profesor pediatrics di Baylor College of Medicine di  Houston mengatakan, banyak nutrien yang penting untuk kesehatan tulang anak, salah satu magnesium.

"Kalsium penting, namun pada anak dan remaja yang sangat kekurangan asupannya, kalsium tidak lebih penting dari magnesium," ujar Abrams.

Magnesium sudah diketahui sebagai elemen penting bagi kesehatan tulang bagi orang dewasa. Namun baru sedikit studi yang meneliti dampak asupan magnesium pada kesehatan tulang anak.

Dalam riset ini, para peneliti melibatkan 63 orang anak yang berusia empat hingga delapan tahun. Anak-anak ini tidak meminum suplemen multivitamin atau mineral apapun saat terlibat dalam riset.

Selama mengikuti riset, anak-anak dicatat asupan makanan yang dimakan. Kemudian mereka dikarantina selama dua malam agar bisa mendapat makanan dengan kadar kalsium dan magnesium yang terukur.

Selama dikarantina, kadar kalsium dan magnesium mereka diukur dengan menggunakan teknik yang disebut isotop stabil. Teknik ini dilakukan dengan memberikan magnesium dan kalsium non-radioaktif pada anak-anak, secara intravena dan oral. Kemudian anak-anak menjalani tes urin.

Dengan mengukur isotop stabil dalam urin, para peneliti bisa mengetahui berapa banyak kalsium dan magnesium diserap ke dalam tubuh. Selain itu para peneliti juga mengukur kepadatan mineral tulang dengan teknik sinar X.

Hasil riset menunjukkan, jumlah magnesium yang dikonsumsi dan diserap adalah prediktor kunci seberapa sehat tulang anak. Meskipun demikian, kalsium juga berhubungan secara signifikan terhadap kepadatan mineral tulang.

"Kami percaya bahwa sangat penting bagi anak-anak untuk memiliki pola makan yang sehat dan seimbang, dengan sumber mineral yang baik, termasuk kalsium dan magnesium," pungkas Abrams.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com