Kompas.com - 08/05/2013, 08:36 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Saya ingin bertanya tentang ereksi. Beberapa hari ini, setiap bangun pagi saya tidak mengalami ereksi yang keras bahkan tidak ereksi. Dan ketika bangun tidur tak ereksi, yang saya rasa adalah cemas yang berlebihan. Tetapi ketika saya mendapat rangsangan dari pacar, alat vital saya mampu ereksi. Yang saya tanyakan adalah apa yang menyebabkan hal ini terjadi. Sebelumnya saya sering ereksi karena mendapat rangsangan, tetapi tidak saya mengeluarkan sperma. Apakah hal ini berpengaruh? Mohon penjelasaannya.

(Alexander Haryono, 24, Lampung)

JAWAB :

Ereski spontan dialami oleh semua pria yang sehat dan normal selama tidur malam hari. Sisa ereksi spontan itu kerap dirasakan ketika bangun tidur pada pagi hari. Kalau pada pagi hari tidak terasa ada ereksi, bukan berarti ereksi spontan tidak terjadi.

Mungkin saja ereksi spontan telah terjadi selama tidur malam, tetapi sisa ereksinya tidak ada lagi ketika bangun pada pagi hari. Karena itulah kadang-kadang tidak terasa adanya ereksi ketika bangun tidur pada pagi hari. Atau mungkin terjadi ereksi, tetapi tidak sekeras biasanya.

Jadi Anda tidak harus khawatir kalau tidak mengalami ereksi ketika bangun tidur pada pagi hari, atau kalau ereksi pada pagi hari tidak sekeras biasanya.

Demikian juga kalau Anda mengalami ereksi ketika menerima rangsangan seksual, tidak berarti harus mengalami orgasme dan ejakulasi. Tidak ada akibat apapun andaikata tidak mengalami ejakulasi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.