Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/05/2013, 08:36 WIB

TANYA :

Saya ingin bertanya tentang ereksi. Beberapa hari ini, setiap bangun pagi saya tidak mengalami ereksi yang keras bahkan tidak ereksi. Dan ketika bangun tidur tak ereksi, yang saya rasa adalah cemas yang berlebihan. Tetapi ketika saya mendapat rangsangan dari pacar, alat vital saya mampu ereksi. Yang saya tanyakan adalah apa yang menyebabkan hal ini terjadi. Sebelumnya saya sering ereksi karena mendapat rangsangan, tetapi tidak saya mengeluarkan sperma. Apakah hal ini berpengaruh? Mohon penjelasaannya.

(Alexander Haryono, 24, Lampung)

JAWAB :

Ereski spontan dialami oleh semua pria yang sehat dan normal selama tidur malam hari. Sisa ereksi spontan itu kerap dirasakan ketika bangun tidur pada pagi hari. Kalau pada pagi hari tidak terasa ada ereksi, bukan berarti ereksi spontan tidak terjadi.

Mungkin saja ereksi spontan telah terjadi selama tidur malam, tetapi sisa ereksinya tidak ada lagi ketika bangun pada pagi hari. Karena itulah kadang-kadang tidak terasa adanya ereksi ketika bangun tidur pada pagi hari. Atau mungkin terjadi ereksi, tetapi tidak sekeras biasanya.

Jadi Anda tidak harus khawatir kalau tidak mengalami ereksi ketika bangun tidur pada pagi hari, atau kalau ereksi pada pagi hari tidak sekeras biasanya.

Demikian juga kalau Anda mengalami ereksi ketika menerima rangsangan seksual, tidak berarti harus mengalami orgasme dan ejakulasi. Tidak ada akibat apapun andaikata tidak mengalami ejakulasi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com