Kompas.com - 08/05/2013, 09:31 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Dok, apa sebenarnya penyebab dari kebiasaan tidur mendengkur atau "ngorok". Bagaimana cara untuk menyembuhkannya, tolong bantuannya dan terima kasih.

(Ati Rahmawati, 39, Depok)

JAWAB :

Dear Ibu Ati,

Tidur mendengkur disebabkan oleh karena adanya getaran dari jaringan lunak sekitar saluran nafas atas karena adanya sumbatan di saluran nafas atas tersebut.

Untuk mengatasinya kita harus mengetahui apakah penyebab sumbatan tersebut. Apakah amandel yang besar, lidah yang besar, lemak yang menumpuk di sekitar saluran nafas atas, langit-langit mulut belakang yang terlalu rendah atau faktor-faktor lainnya.

Perlu dilakukan pemeriksaan termasuk di antaranya Sleep Study untuk menentukan berat ringannya gangguan tersebut dan bagaimana penatalaksanaan selanjutnya.  Semoga jawabannya membantu.


Dijawab oleh : dr. Lanny S. Tanudjaja

Informasi lebih lanjut hubungi : 021 – 27625500 ext. 1000 Sleep Clinic - Rs. Premier Bintaro

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.