Kompas.com - 16/05/2013, 10:28 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Halo dokter, saya mau menanyakan tentang implan gigi. Apakah dalam semua kondisi gigi yang hilang dapat digantikan dengan gigi implan? Syarat kesehatan apa yg harus dipenuhi sebelum melakukan implan gigi? Apakah perlu rontgen gigi sebelumnya? Apakah ada resiko penolakan oleh tubuh setelah pemasangan implan gigi? Setelah pemasangan implan gigi apakah ada resiko sakit gigi misalnya pada gusi yang ditanam implan gigi? Dan yang terakhir bagaimana cara pemeliharaan gigi implan, apakah harus rutin kontrol ke dokter gigi? Terima kasih atas jawabannya dokter 

(Ninin Isnaningsih, 41 tahun, 160 cm, 62 kg, Jakarta)


JAWAB :

Ibu Ninin yang baik,

Penggunaan implan untuk menggantikan gigi yang hilang merupakan hal yang aman, dapat memberikan penampilan yang alami dan sudah sangat populer di dunia kedokteran gigi. Implan gigi terbuat dari bahan yang biokompatibel, yang ditanam ke dalam gusi atau tulang rahang untuk menggantikan gigi yang hilang.

Kesuksesan implan gigi tergantung kepada tingkat kemahiran Dokter Gigi yang memasang implan, kualitas dan kuantitas tulang rahang yang akan dilakukan pemasangan implan, dan kesehatan rongga mulut pasien.

Namun, banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum memasang implan gigi, antara lain:

1.    Pertimbangan pasien:

a.    Kondisi kesehatan sistemik pasien.
Misalnya memiliki penyakit Diabetes Mellitus, sebab berpengaruh terhadap proses penyembuhan jaringan setelah dilakukan tindakan pemasangan implan. Namun, jika penyakit Diabetes Mellitus-nya terkontrol, kesuksesan pemasangan implan-pun akan tercapai.
b.    Riwayat penyakit gigi sebelumnya.
c.    Motivasi pasien dan kemampuan menjaga kesehatan rongga mulut.
Pasien dengan kondisi rongga mulut yang buruk, tidak mampu menjaga kebersihan mulutnya sendiri, serta memiliki kebiasaan merokok biasanya akan mengalami kegagalan jika dilakukan pemasangan implan gigi.

2.    Pertimbangan biaya.

3.    Pertimbangan kondisi gigi sebelahnya, tulang rahang dan jaringan lunak sekeliling serta yang akan dipasang implan gigi.
Semua informasi yang berkaitan dengan pertimbangan pemasangan implan gigi diperoleh melalui anamnesa ke pasien, pemeriksaan klinis, dan radiografi (biasanya foto panoramik gigi).

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X