Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/05/2013, 21:03 WIB

KOMPAS.com - Memiliki kulit yang tidak sehat dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Kulit yang kering misalnya, memudahkan bakteri masuk ke dalamnya. Itu sebabnya, kulit membutuhkan proteksi dan kelembaban guna menjaga metabolisme kesehatannya.

"Sebenarnya kulit punya daya untuk membuatnya menjadi lembab, terutama pada anak-anak dan remaja. Akan tetapi, pada usia dewasa fungsi kolagen pada kulit akan makin berkurang. Maka, saat itu dibutuhkan proteksi untuk kulit," jelas dr Hanny Nilasari, SpKK, staf pengajar Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin FKUI-RSCM, saat peluncuran produk Nivea di JS Luwansa Hotel, Jakarta, Kamis (16/5/2013).

Pelembab bekerja melalui zat yang masuk ke dalam tubuh secara oral, atau yang dioles sehingga memerlukan waktu yang lebih lambat untuk mempenetrasi. Zat yang dioles di permukaan kulit akan bekerja baik, tergantung pada potensi zat aktif dan bagaimana zat tersebut masuk ke dalam lapisan kulit.

"Kelembaban kulit diperlukan, itu sebabnya sering kita menggunakan body lotion guna menjaga kelembaban kulit. Namun kebutuhan proteksi yang lebih (besar) pada kulit bisa didapatkan dari serum," ia menambahkan.

Serum berbahan dasar air dengan tektur yang berminyak, tidak hanya aman untuk jenis kulit dewasa tetapi juga aman digunakan berbagai usia. Seperti produk perawatan lainnya, serum dapat bekerja sebagai antiaging, dan membantu mencerahkan kulit. Kelebihan serum adalah, kandungan bahan aktifnya cukup tinggi. Dengan demikian, penggunaan serum akan menunjukkan hasil dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan pelembab biasa.

"Serum dibuat karena penggunaannya yang mudah dan cepat diserap sampai ke lapisan kulit dalam," tandas Hanny.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com