Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/05/2013, 06:37 WIB

KOMPAS.com — Masalah bau mulut tentu akan menyebabkan rasa tidak nyaman bagi pemiliknya dan orang lain di sekitarnya. Namun, ternyata masalah ini bukan hanya dialami oleh orang dewasa, anak-anak juga dapat mengalaminya.

Bau mulut pada anak dapat disebabkan sisa-sisa makanan yang tidak tuntas dibersihkan. Biasanya jika penyebabnya demikian, bau mulut hanya bersifat sementara. Namun, ada pula bau mulut yang menandakan adanya gangguan kesehatan.

Penanganan efektif untuk mengatasi bau mulut pada anak adalah dengan mengetahui penyebabnya. Jika penyebab bau mulut adalah dari pertumbuhan bakteri di belakang lidah, maka bersihkan dengan pembersih lidah dan diikuti dengan berkumur dengan cairan pembersih mulut.

Sementara itu, jika disebabkan oleh sisa-sisa makanan di sela-sela gigi maka sebaiknya teknik menyikat gigi lebih diperhatikan. Sikat gigi dengan teknik yang benar dalam waktu minimal dua menit. Teknik pembersihan menggunakan tooth floss juga bisa dilakukan untuk menghilangkan sisa makanan yang terperangkap di sela-sela gigi.

Jika mulut anak kering, maka hindari snack manis dan perbanyak minuman dan permen karet bebas gula.

Buah dan tanaman herbal bisa menjadi obat untuk bau mulut. Cobalah berikan anak buah-buahan yang renyah seperti apel, jambu, atau pir yang dapat membantu membersihkan gigi.

Apabila bau mulut belum hilang juga, sebaiknya dikonsultasikan ke dokter karena mungkin saja anak mengalami gangguan kesehatan yang lebih serius seperti infeksi sinus kronik, pembesaran tonsil, gangguan gigi, benda asing di hidung, atau gangguan saluran cerna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com