Kompas.com - 20/05/2013, 16:02 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:

Saya sudah berusia 20 tahun, tapi sampai saat ini belum pernah menstruasi. Sebenarnya apa penyebabnya? Saya juga pernah periksa. Kata dokter, ukuran rahim saya di bawah normal (kecil). Apa ukuran rahim bisa mempengaruhi kelancaran menstruasi? dan faktor apa saja yang mempengaruhi ukuran rahim sehingga ukurannya bisa di bawah normal? dan apakah iya atau tidaknya menstruasi bisa mempengaruhi seseorang bisa hamil atau tidak? Terima kasih sebelumnya, maaf kalau terlalu banyak pertanyaan, dan mohon jawabannya.
 
Khusnul Latifah, Magelang

JAWAB:

Ibu Khusnul Yth,
Haid memang menjadi salah satu indikator dari kesuburan. Bila tidak haid pada umur 20 tahun, kita memang harus hati-hati. Untuk itu ada baiknya diperiksa lebih lanjut. Bila mungkin, periksa sampai kromosom.

Kalau masih nona, bisa lakukan USG dari perut untuk mengukur rahim dan organ sekitarnya. Tapi kalau sudah nyonya sebaiknya USG transvaginal untuk pengukuran yang lebih akurat, sekaligus untuk periksa keadaan vaginal.

Jika diagnosisnya hipotrofi (organnya kecil) atau bahkan atrofi (organnya tidak ada), maka hampir tidak mungkin hamil. Jadi, ibu harus sabar, ya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.