Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPR: Mundur dari KJS, Jangan Salahkan RS!

Kompas.com - 21/05/2013, 11:07 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Ketua Komisi IX Nova Riyanti Yusuf meminta pemerintah untuk benar-benar kaji kelemahan dari pelaksanaan program Kartu Jakarta Sehat (KJS). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak bisa menyalahkan pihak rumah sakit begitu saja.

"Tidak bijak apabila langsung menyalahkan ke-16 rumah sakit tersebut dan menuding mereka hanya berpikir untung belaka," ujar Nova dalam siaran pers yang diterima pada Selasa (21/5/2013).

Politisi Partai Demokrat itu mengungkapkan, berdasarkan Undang-Undang Rumah Sakit, setiap rumah sakit berhak untuk menjalin kerja sama dengan pihak lain dan juga mendapatkan imbalan jasa atas pelayanan yang diberikannya. "Sebagai rumah sakit swasta, sangat wajar apabila mereka memikirkan mengenai keuntungan, walaupun tidak boleh melupakan fungsi sosialnya dengan memberikan fasilitas pelayanan bagi masyarakat miskin dan tidak mampu," kata Nova.

Meski demikian, langkah cepat Wakil Gubernur DKI Jakarta dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta yang akan melakukan evaluasi terhadap keluhan sejumlah rumah sakit tersebut pantas diapresiasi. Nova mengingatkan bahwa rumah sakit merupakan aset bagi Pemprov DKI Jakarta dan juga pemerintah pusat.

"Kalau memang sebab utama dari permasalahan ini adalah karena perubahan sistem pembayaran menjadi sistem Indonesia Case Based Group (INA CBG) yang merupakan sistem pembayaran kepada pemberi pelayanan kesehatan (PPK) berdasarkan pengelompokan ciri klinis dan biaya perawatan yang sama, maka ini menjadi sebuah pekerjaan rumah bersama," tuturnya.

Menurut Nova, penerapan sistem INA-CBG ini belum terlalu gencar. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, Nova memprediksi akan semakin sedikit rumah sakit swasta yang mau bekerja sama dengan Badan Pelaksana Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan). Dengan demikian, pemerintah pun hanya hanya bertumpu kepada rumah-rumah sakit milik pemerintah dan pemerintah daerah.

"Oleh karena itu, saya meminta Pemprov untuk sungguh-sungguh mengevaluasi kejadian ini dan segera memberikan jalan keluar yang terbaik bagi semua pihak. Sementara itu, bagi PT Askes dan Kementerian Kesehatan, hendaknya kejadian ini dapat dijadikan ajang pembelajaran yang baik agar tidak terulang lagi ketika nanti BPJS Kesehatan sudah beroperasi," kata Nova.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com