Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/05/2013, 14:45 WIB

KOMPAS.com - Usia balita termasuk dalam usia rawan karena pertumbuhan dan perkembangan di usia ini akan menentukan perkembangan fisik dan mental anak di usia remaja. Sayangnya, anak-anak di usia ini umumnya mulai mengalami susah makan dan hanya mau makanan favoritnya.

Oleh karena itu diperlukan pengasuhan yang tepat  untuk menanamkan kebiasaan makan makanan yang beragam. Hal tersebut bisa diawali dengan menanamkan kecintaan anak pada makanan sehat.

Ahli gizi dari Universitas Indonesia sekaligus Direktur Micronutrient Initiative Indonesia (MII) dr. Elvina Karyadi mengatakan, memaksa anak makan makanan yang bergizi tidak akan efektif. Mereka harus mengerti dan mulai mencintai makanan bergizi.

"Penyadaran melalui edukasi gizi sejak dini pada anak-anak akan menumbuhkan rasa cinta mereka terhadap makanan bergizi. Sehingga mereka tidak akan merasa terpaksa untuk makan, karena mereka sudah mengerti makanan bergizi dibutuhkan oleh tubuh mereka," papar Elvina dalam Nutritalk bertajuk "Pentingnya Tumbuhkan Kecintaan pada Gizi Sejak Dini" oleh Sarihusada Selasa (21/5/2013) di Jakarta.

Elvina mengatakan, pemahaman mengenai pentingnya asupan gizi yang baik dan mencukupi melalui edukasi gizi mulai dapat dilakukan sejak anak bisa memakan makanan-makanan padat, yaitu sejak anak diberi makanan pendamping air susu ibu (MPASI). Namun paling efektif edukasi diberikan pada anak berusia dua hingga enam tahun.

Anak perlu diperkenalkan jenis-jenis makanan bergizi, terutama sayuran dan buah. Orangtua juga perlu memahami bahwa makanan yang dikonsumsi anak harus terdiri dari makanan pokok, lauk-pauk, serta sayur dan buah, sehingga bergizi seimbang.

"Edukasi tidak hanya dilakukan di rumah, namun juga di lembaga pendidikan termasuk pendidikan usia dini (PAUD)," ujarnya.

Di PAUD, lanjut Elvina, anak-anak mendapatkan pengalaman, sosialisasi, serta pengajaran pada masa terpenting dalam pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal (PAUDNI) mengatakan, gizi sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Maka gizi merupakan salah satu hal yang menjadi perhatian Direktorat Jenderal PAUDNI.

"Kami mendorong penyelenggaraan bentuk PAUD yang holistik integratif yang mencakup pendidikan dan layanan terhadap pemenuhan seluruh kebutuhan dasar anak, termasuk kesehatan dan gizi mereka," papar Guru Besar Psikologi Universitas Indonesia ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com