Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekan Ini, Jokowi Kembali Bagikan 1,7 Juta KJS

Kompas.com - 22/05/2013, 17:34 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemprov DKI Jakarta kembali akan membagikan Kartu Jakarta Sehat (KJS). Rencananya, minggu ini, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan langsung turun untuk membagikan KJS kepada masyarakat Ibu Kota.

"Nanti minggu ini, KJS akan kita bagi sebanyak 1,7 juta kartu," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Rabu (22/5/2013).

Ia mengatakan akan membagikan KJS di hampir semua titik puskesmas di Ibu Kota. Namun, ia masih belum dapat memberi tahu lebih lanjut terkait waktu pembagian KJS periode kedua.

Sementara untuk controlling manajemen, kata dia, ada chip di KJS sehingga dapat dibaca dengan scanner yang disediakan oleh Pemprov DKI di tiap puskesmas, dan dapat membaca data pasien KJS.

"Nanti ada scanner yang bisa baca chip KJS-nya. Sudah ada di anggaran scanner itu," kata Jokowi.

Senada dengan Jokowi, Kepala Dinas Kesehatan DKI Dien Emmawati mengatakan bahwa minggu ini Jokowi akan membagikan KJS. Namun, dia pun belum bisa memberi tahu jadwal dan lokasi pembagian KJS periode II tersebut.

Saat ini, baru ada sekitar 3.000 warga pemegang KJS. Sementara itu, warga yang berhak mendapatkan layanan kesehatan tersebut yakni sebanyak 4,7 juta warga.

Warga yang belum memegang kartu bisa menggunakan KTP dan KK untuk berobat. Dengan catatan, mereka berobat ke puskesmas dahulu, kemudian jika tidak bisa ditangani baru akan dirujuk ke rumah sakit umum daerah (RSUD).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com