Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar 14 RS Keluar Program KJS Hanya Salah Paham

Kompas.com - 22/05/2013, 18:05 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Informasi yang menyatakan 14 rumah sakit turut mundur dari program KJS ternyata hanya disebabkan oleh kesalahpahaman. Pasalnya, dari 14 rumah sakit tersebut, tidak ada direktur utama rumah sakit yang mengatakan mundur dari KJS.

"Komunikasi saja enggak nyambung soal premi. Administratif dan instalasi gawat darurat. Tapi ada stafnya rumah sakit yang mengatakan enggak menerima, sedangkan direkturnya enggak tahu," kata Dien Emmawati, Kadinkes Pemprov DKI Jakarta di Balaikota Jakarta, Rabu (22/5/2013).

Dien mengungkapkan, untuk meluruskan kesalahpahaman tersebut, pihaknya telah melakukan penjelasan kepada pihak rumah sakit. Dinkes juga akan melakukan evaluasi terkait penggunaan sistem pembayaran INA CBG's di rumah sakit swasta yang telah bekerja sama dengan pemerintah.

Menurut Dien, rumah sakit juga harus menyamakan clinical path way supaya angsuran pembayaran sama antar-rumah sakit. Jadi, jika pasien sakit tifus di RS A akan sama harga dan pelayanannya dengan RS C.

Dalam satu bulan ini, sistem tersebut akan terus dievaluasi dan pemprov berjanji akan menemukan formula yang lebih baik. Adapun dua rumah sakit yang benar-benar telah mundur dari program KJS, kata Dien, memiliki alasan khusus.

Rumah Sakit Thamrin menyatakan mundur karena menggunakan sistem core bisnisnya ke arah critical unit. Adapun untuk RS Admira karena tidak mampu tahan sampai dua bulan uji coba. Jika sistem sudah diperbaiki, kata Dien, kemungkinan dua RS itu akan bergabung lagi.

Sementara itu, 14 rumah sakit yang sebelumnya menyatakan mundur dari program Kartu Jakarta Sehat (KJS), akhirnya bergabung kembali. Mereka adalah RS Bunda Suci, RS Mulya Sari, RS Satya Negara, RS Firdaus, RS Islam Suka Pura, RS Husada, RS Sumber Waras, RS Suka Mulia, RS Port Medical, RS Puri Mandiri Kedoya, RS Tria Dipa, RS JMC, RS Mediros, dan RS Restu Mulya. Sementara dua rumah sakit yang resmi mengundurkan diri adalah RS Thamrin dan RS Admira.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com