Kompas.com - 23/05/2013, 07:20 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Semakin banyaknya bakteri penyebab tuberkulosis (TB) yang kebal obat dipandang sebagai masalah serius oleh para ahli. Untunglah sebuah harapan muncul dari vitamin C.

Sebuah riset yang dilakukan tim dari Yeshiva University menunjukkan hasil yang mengejutkan karena vitamin C ternyata mampu membunuh beberapa bakteri yang kebal obat.

Hasil penelitian tersebut diharapkan menjadi titik terang dalam kemajuan pengobatan penyakit TB kebal obat yang saat ini diderita sekitar 650.000 orang di seluruh dunia.

Penelitian di laboratorium menunjukkan, vitamin C bertindak sebagai "agen pengurang" sesuatu yang memicu produksi spesies reaktif oksigen yang disebut radikal bebas. Radikal bebas ini membunuh TB, bahkan jenis yang kebal obat yang tidak mempan terhadap antibiotik biasa.

Ketua peneliti Dr.William Jacobs, profesor mikrobiologi dan imunologi, mengatakan bahwa riset ini baru teruji pada skala laboratorium. "Kita belum tahu apakah akan efektif pada percobaan hewan dan manusia," katanya.

Namun ia mengatakan sangat berharap vitamin C bisa menjadi harapan baru dalam pengobatan TB. "Vitamin C sangat murah, tersedia di mana saja dan sangat aman digunakan. Yang terpenting sejauh ini cukup efektif untuk menyerang kuman TB," katanya.

Ada kemungkinan vitamin C bisa digunakan selain juga obat-obatan TB. Alternatif lain, para ilmuwan akan menciptakan obat TB baru yang bekerja dengan cara menghasilkan radikal bebas dalam jumlah besar.

Vitamin C atau asam askorbit memiliki banyak peran bagi tubuh, termasuk melindungi sel dan menjaganya tetap sehat. Sumber alami vitamin ini antara lain buah-buahan, brokoli, dan sebagainya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.