Kompas.com - 27/05/2013, 16:44 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Pernahkah Anda mengalami kram pada salah satu sisi perut saat berolahraga? Hal ini sebenarnya normal, bahkan seorang atlet profesional pun pernah mengalaminya. Namun kram pada satu sisi perut tentu akan mengganggu aktivitas olahraga. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Sebelum mengetahui cara untuk mengatasi kram satu sisi perut, kita terlebih dahulu harus mengetahui gejala dan penyebabnya. Gejala dari kram satu sisi perut bervariasi tergantung pada tubuh masing-masing orang, tingkat kerentanan, dan jenis olahraga yang dijalani.

Mungkin Anda bisa mengalami rasa nyeri ringan, atau malah rasa nyeri yang tajam dan tiba-tiba di satu sisi perut. Bahkan, Anda juga bisa merasakan sensasi seperti ditarik dan kram di perut. Jika perlu, catat gejala yang dirasakan untuk didiskusikan lebih lanjut dengan dokter.

Penyebab kram pada satu sisi perut pun bervariasi, meskipun penyebab sesungguhnya masih belum diketahui. Menurut situs Aetna's Intellihealth, kekurangan potasium dan elektrolit merupakan salah satu penyebabnya. Ketika berolahraga, tubuh berkeringat dan kehilangan elektrolit.

Selain itu, penyebab lainnya adalah kelelahan pada otot perut yang menyebabkan kram, terutama jika jenis olahraga yang dilakukan berfokus pada otot perut. Kelelahan otot juga dapat menyebabkan nyeri pada kram otot.

Saat terjadi kram di satu sisi perut, maka yang perlu dilakukan adalah mengurangi intensitas olahraga perlahan dan kemudian berhenti. Menghentikan olahraga mendadak justru akan memperburuk keadaan. Setelahnya, beristirahatlah dari olahraga.

American Academy of Orthopaedic Surgeons menyarankan untuk melakukan pijatan di sisi perut dengan jari untuk membantu rileksasi otot. Jika perlu beri penghangat di bagian tersebut untuk mempercepat rileksasi otot. Jangan mulai olahraga kembali ketika kram belum hilang.

Untuk mencegahnya, maka pastikan tubuh terhidrasi dengan baik sebelum dan selama berolahraga. Sebelum berolahraga, lakukan peregangan otot perut yang cukup. Serta hindari berlari dalam keadaan perut penuh makanan. Bernapaslah dalam-dalam saat berolahraga untuk memberikan suplai oksigen yang cukup pada otot. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.