Kompas.com - 28/05/2013, 09:13 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Dokter saya mau tanya soal orgasme pada wanita, saya sudah 12 tahun menikah dengan tiga anak. Akhir -akhir ini istri saya (usianya lima tahun lebih muda dari saya) jika diajak berhubungan setelah 10 menit sering merasa kegelian yang hebat, dan dia lantas minta saya segera berejakulasi. Yang saya ingin tanyakan, apakah ini adalah tanda jika istri saya mengalami orgasme? Lalu kenapa hal ini baru terjadi setelah saya punya tiga anak (maksudnya kenapa istri saya sekarang lebih cepat orgasme)? Apakah ada pengaruh usia ? Terima kasih 

(Saifudin Sayuti, 41, Jakarta)


JAWAB :

Tanda orgasme secara fisik ialah kontraksi otot sekitar kelamin dan bahkan seluruh tubuh. Secara psikis tentu terasa nikmat dan senang ketika mencapai orgasme.

Dengan adanya tanda ini, mestinya Anda dengan mudah dapat mengetahui apakah istri Anda sedang merasakan orgasme atau tidak. Apalagi kalau masih menerima rangsangan seperti sebelumnya, perempuan dapat mencapai orgasme lagi, bahkan beberapa kali.

Setelah mencapai orgasme, tentu perasaan terangsang hilang. Kalau pada saat ini hubungan seksual dilakukan sementara istri tidak terangsang, maka yang muncul adalah rasa geli atau tidak nyaman. Mungkin inilah yang dialami oleh istri Anda.

Yang pasti ketika orgasme, perempuan merasakan nikmat dan senang, bukan merasakan geli.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.