Kompas.com - 28/05/2013, 12:42 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Meski saat ini semakin banyak gedung atau bangunan yang membuat aturan melarang rokok, namun umumnya tetap disediakan ruang rokok khusus. Padahal, partikel dari rokok di ruang rokok itu bisa menyebar ke ruangan-ruangan lain yang sebenarnya bebas asap rokok.

Sebuah studi baru dari San Diego State University menunjukkan bahwa seseorang bisa menjadi perokok pasif meski ia berada di ruangan bebas rokok. Hal tersebut terutama jika seseorang berada di bangunan atau gedung yang belum memberlakukan larangan merokok secara menyeluruh.

Dalam riset tersebut ditunjukkan, seseorang yang berada di sebuah bangunan yang memberlakukan larangan merokok secara parsial memiliki kadar kontaminan dari tembakau dan nikotin yang lebih tinggi dalam tubuhnya.

"Senyawa dari asap rokok bergerak dengan cepat ke seluruh bangunan," ujar penulis studi Georg E. Matt. Senyawa bergerak melalui jendela, celah-celah dinding, ventilasi, hingga terbawa di pakaian dan rambut orang.

Meskipun studi ini tidak membahas tentang bahaya menjadi perokok pasif bagi kesehatan tubuh, namun studi-studi sebelumnya telah menunjukkan bahaya terpapar asap rokok. Paparan asap rokok dapat menyebabkan kerusakan DNA yang memicu jenis-jenis kanker tertentu.

Selain itu, imbuh Matt, risiko penyakit tertentu seperti asma dan penyakit pernapasan lainnya juga meningkat akibat terpapar asap rokok, meskipun hanya sebagai perokok pasif.

Maka untuk terhindar dari risiko kesehatan tersebut, Matt menyarankan untuk memilih bangunan yang benar-benar terbebas dari asap rokok.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.