Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kegembiraan Warga Pesanggrahan Menerima KJS

Kompas.com - 28/05/2013, 13:50 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Warga Pesanggrahan, Jakarta Selatan, antusias menerima Kartu Jakarta Sehat (KJS). Warga merasa kehadiran KJS sangat membantu warga tidak mampu untuk berobat.

Ayu (38), warga Petukangan Utara, Pesanggrahan, merasa senang mendapatkan KJS tepat pada saat dibutuhkan. Ayu yang tengah mengandung enam bulan berharap, warga pemilik KJS tetap mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik meski tak membayar biaya pengobatan.

"Ini baru punya KJS. Mudah-mudahan nanti walau gratis, pelayanan saat melahirkannya baik dan bagus," ujarnya dalam acara peluncuran KJS di Puskesmas Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Selasa (28/5/2013).

Hal serupa disampaikan oleh Ika (55). Ia berpendapat bahwa kehadiran KJS sangat menguntungkan warga tidak mampu seperti dirinya sehingga dapat berobat tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. "Hebat, bagus membantu orang yang enggak mampu. Saya tidak dipersulit lantaran punya KJS, tetapi ya pakai KK dan KTP juga bisa," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Puskesmas Pesanggrahan Endah Kartika meminta warga pemilik KJS memeriksakan kesehatan sesuai prosedur penggunaan KJS. Warga diharapkan memeriksakan kesehatan, mulai dari puskemas dan tidak langsung meminta rujukan ke rumah sakit.

"Kalau ditolak rumah sakit, bukan salah rumah sakit karena pemeriksaan berkelanjutan harus dari puskesmas. Jika puskesmas enggak bisa menangani, baru akan langsung dirujuk ke rumah sakit tanpa diminta. Jadi, semua harus lewat puskesmas, kecuali gawat darurat," kata Endah saat memberikan penjelasan tentang program KJS.

Endah meyakinkan bahwa saat ini kualitas pelayanan kesehatan di tingkat puskesmas sudah semakin prima. Ia meminta warga pengguna KJS untuk tidak ragu mendatangi puskesmas. "Jangan ibu-ibu sekadar flu saja langsung ke rumah sakit," ujar Endah.

Peluncuran KJS untuk wilayah Jakarta Selatan dipusatkan di Puskesmas Pesanggrahan dan dimulai pukul 10.30. Acara dihadiri Wali Kota Jakarta Selatan Syamsuddin Noor. Dalam kesempatan itu, Syamsuddin melakukan penyerahan KJS secara simbolik kepada 10 warga Pesanggrahan. Untuk wilayah Jakarta Selatan, KJS yang dibagikan kepada warga sebanyak 11.917 lembar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com