Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Butuh Tambahan Ranjang Pasien Sebanyak 1.100 unit

Kompas.com - 28/05/2013, 21:05 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemprov DKI Jakarta masih kekurangan ruang rawat inap untuk pasien pemegang Kartu Jakarta Sehat (KJS). Untuk itu, pemprov akan kembali meningkatkan sarana dan prasarana rumah sakit agar pelayanan kepada pasien bisa dilakukan maksimal.

"Saat ini kami sudah ada 7.989 ranjang di rumah sakit untuk perawatan pasien. Kekurangannya bisa sampai 1.100 ranjang lagi untuk standar kapasitas ruang rawat inap," kata Dien Emmawati, Kasudinkes Pemprov DKI Jakarta Selasa (28/5/2013).

Dien mengungkapkan, standar WHO adalah 1 ranjang untuk 500 penduduk. Dengan mengacu pada rasiotersebut, saat ini Jakarta membutuhkan 9.400 ranjang pasien untuk 4,7 juta jiwa yang menggunakan KJS. Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta membangun rumah sakit sebanyak 12 lantai di RS Koja, Jakarta Utara.

Di rumah sakit tersebut nantinya akan menambah 400 tempat tidur pasien untuk menampung pasien. Selain itu, pemprov juga akan membangun ruang rawat inap untuk 31 puskesmas di Jakarta. Setiap puskesmas akan mampu menampung sepuluh bed untuk perawatan pasien inap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com