Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Jadi Capres? "Ngurusin" KJS Saja Pusing...

Kompas.com - 29/05/2013, 05:35 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Nama Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo terus saja merajai sejumlah survei mengenai kandidat ideal untuk calon presiden dan calon wakil presiden di Pemilu 2014. Apa tanggapan Jokowi soal itu?

"Jadi capres? Wong dari dulu nggak pernah mikir (itu)," ujar Jokowi ringan, di Balaikota Jakarta, Selasa (28/5/2013). Bukan sekali ini Jokowi berkomentar senada bahkan dengan kata-kata yang sama.

Kepada para wartawan, berulang kali Jokowi mengatakan dia sekarang masih sibuk mengurus Jakarta. Daripada berandai-andai mengikuti hasil survei itu, masih banyak hal yang harus dipikirkannya. "Ngurusin KJS saja pusing, mau diinterpelasi, mau di-impeachment, ngurusin rusun, wong ini (kok) ditambah ngurusi survei lagi," tepis Jokowi.

Seperti diberitakan, Minggu (26/5/2013), survei terakhir yang dirilis Centre for Strategic and Internasional Studies (CSIS) kembali menempatkan Jokowi sebagai kandidat paling diminati para responden. Elektabilitasnya bahkan disebut mengalahkan tokoh partai dan pejabat publik lain.

Dengan 1.635 responden di 31 provinsi, survei yang digelar pada 9-16 April 2013 tersebut mendapatkan 28,6 persen responden menyatakan akan memilih Jokowi dalam Pemilu 2014. Dukungan untuk Jokowi melampaui dukungan untuk Prabowo Subianto yang mendapatkan 15,6 persen suara responden, bahkan meninggalkan Megawati Soekarnoputri yang dalam survei itu hanya mendapatkan dukungan 5,4 persen.

Jokowi paling populer di antara pejabat publik atau pejabat negara lainnya. Popularitasnya mencapai 85,9 persen, mengalahkan Ibu Negara Ani Yudhoyono yang popularitasnya diakui 78,5 persen responden. Popularitas pejabat lainnya, Sri Sultan Hamengkubuwono X 59,5 persen, Dahlan Iskan 42,6 persen, Mahfud MD 39,6 persen, Pramono Edhie Wibowo 20,2 persen, Djoko Suyanto 15,2 persen, dan Gita Wirjawan 8,4 persen.

Ketua Departemen Politik dan Hubungan Internasional CSIS Philips J Vermonte mengatakan, pada hasil survei CSIS Januari 2012, Prabowo memiliki tingkat dukungan paling tinggi dari publik sebagai capres. Namun, elektabilitas Jokowi kini melampaui Prabowo. Adapun elektabilitas tokoh-tokoh lama, kata dia, stagnan atau menurun.

"Fenomena ini bukan soal Jokowi semata. Ini indikasi bahwa masyarakat Indonesia mengharapkan calon pemimpin alternatif, Jokowi, atau calon alternatif lainnya," kata Philips. Selain Jokowi, Prabowo, dan Megawati, para responden memberikan dukungan untuk beberapa nama lain sebagai kandidat Presiden di pemilu mendatang.

Aburizal Bakrie mendapatkan 7 persen dukungan suara responden, Jusuf Kalla 3,7 persen, Mahfud MD 2,4 persen, dan Hatta Rajasa 2,2 persen. Tetapi, 28 persen responden belum memiliki pilihan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com