Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/05/2013, 14:52 WIB

Kompas.com - Tidur siang memiliki banyak manfaat untuk anak, terutama untuk melengkapi waktu tidurnya. Tidur siang pada anak berusia 1-3 tahun juga penting untuk perkembangan mental, kognitif dan emosional mereka.

Anak berusia satu sampai tiga tahun direkomendasikan untuk tidur selama 12-14 jam setiap hari. Sementara itu anak berusia di atas 18 bulan disarankan untuk tidur siang sekitar 1-3 jam di siang hari, tergantung pada kondisi fisik dan mental mereka.

Sebuah penelitian terhadap anak berusia setahun sampai tiga tahun menunjukkan, 31 persen anak yang jarang tidur siang memiliki respon emosional yang negatif dan 34 persen penurunan emosi positif saat mereka diminta melengkapi tugas puzzle.

Tetapi karena anak batita umumnya sedang senang mengeksplorasi lingkungannya, terkadang mereka tak suka diajak tidur siang. Mengajak batita untuk tidur di siang hari juga lebih sulit karena kondisi di luar masih terang.

Untuk menyiasatinya, simak tip penting berikut ini.

1. Konsisten
Perkenalkan si kecil pada lingkungan tidur siang yang tetap, baik waktunya atau tempat untuknya tidur sehingga terbentuk rutinitas. Usahakan anak tidur di tempat yang tidak panas dan tidak berisik sehingga lebih mudah baginya untuk terlelap.

2. Tidak terlalu lama
Anak berusia 12-36 bulan biasanya mulai berubah waktu tidur siangnya, dari yang semula dua kali menjadi hanya satu kali. Waktu tidur siang yang terlalu lama tidak disarankan karena malah membuat anak lebih rewel saat bangun.

3. Tidak terlalu sore
Waktu tidur siang yang terlalu sore bisa menggeser waktu tidur malam anak. Tetapi untuk anak batita, meniadakan waktu tidur siang dan menyuruhnya tidur awal juga bisa membuat mereka kelelahan dan sulit tertidur.

4. Libatkan kakak atau adik
Orangtua yang memiliki anak lebih dari satu sering merasa kesulitan untuk menyuruh anaknya tidur siang. Si kecil mungkin tak mau tidur siang karena masih ingin bermain dengan kakak atau adiknya. Biasakan anak-anak untuk tidur siang pada waktu yang sama.

5. Jangan memaksa
Sebaiknya Anda tidak memaksa anak untuk tidur siang. Jika si kecil tampak belum ingin tidur, katakan padanya bahwa sekarang adalah waktunya untuk tenang dan beristirahat. Suasana tenang yang diciptakan bisa membuat anak relaks dan lama-lama mengantuk.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com