Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/05/2013, 08:24 WIB

KOMPAS.com - Sebagai negara kepulauan, Indonesia sangat kaya dengan keanekaragaman dan potensi hasil lautnya. Untuk mengeksplorasi informasi tentang kekayaan sumber pangan, kuliner, dan kandungan gizi yang bersumber dari laut, PT Sarihusada Generasi Mahardika (Sarihusada) menggelar acara Jelajah Gizi 2013 ke Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. 

Jelajah Gizi yang merupakan bagian dari Program Ayo Melek Gizi ini adalah penyelenggaraan yang keempat kalinya. Pada kegiatan yang digelar mulai 30 Mei hingga 1 Juni ini, Jelejah Gizi melibatkan puluhan jurnalis dan blogger pemenang lomba menulis gizi untuk menggali potensi gizi dan kuliner di kepulauan seribu yang mayoritas penduduknya memperoleh manfaat dari hasil laut.

Corporate Affairs Head Sarihusada Arif Mujahidin menyatakan, sebagai perusahaan penyedia produk nutrisi untuk ibu dan anak, pihaknya ingin menyebarkan informasi kepada masyarakat mengenai betapa kayanya potensi sumber pangan yang bernilai gizi dari hasil laut di wilayah kepulauan yang hanya berjarak 45 kilometer dari utara Jakarta ini. 

"Hal inilah yang melandasi kami untuk melakukan Jelajah Gizi di kepulauan seribu dan juga bagaimana penduduk memperoleh, mengolah dan memenuhi kebutuhan gizinya melalui makanan," ujar Arif Kamis (30/5)2013) kemarin.

Arif menambahkan, para peserta akan menjelajahi enam pulau di Kepulauan Seribu meliputi Pulau Pari, Pulau Lancang, Pulau Harapan, Pulau Putri, Pulau Harapan, dan Pulau Pramuka.  Di pulau-pulau tersebut, peserta dapat melihat bagaimana masyarakat memanfaatkan potensi kekayaan alam seperti budidaya rumput laut beserta pengolahannya atau  hasil tangkapan laut seperti ikan teri dan rajungan. 

Selain mengeksplorasi bagaimana penduduk memanfaatkan sumber alam, peserta juga diajak menikmati makanan khas di kepulauan serta membahas kandungan nilai gizi di dalamnya melalui pembahasan dari pakar gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB). Sambil menikmati keindahan pulau-pulau, peserta juga akan mendapatkan pengetahuan tentang mengolah makanan dari runner-up Masterchef Season 2, Chef Opik.

Pakar gizi dari Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB Prof Ahmad Sulaeman yang hadir sebagai nara sumber mengatakan, Wilayah Kepulauan Seribu sebenarnya sangat kaya akan hasil laut mulai dari ikan, kepiting, kerang, biota laut lainnya.  Melalui acara Jelajah Gizi ini diharapkan masyarakat akan semakin terbuka dengan informasi mengenai potensi kekayaan alam yang merupakan sumber pangan yang memiliki nilai gizi sangat tinggi. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com