Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampanye Bahaya Rokok, Mahasiswa Turun ke Jalan

Kompas.com - 31/05/2013, 12:16 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Memperingati Hari Antitembakau Sedunia yang jatuh pada hari ini, Jumat (31/5/2013), Aliansi Mahasiswa Fakultas Kesehatan Universitas Gajah Mada Yogyakarta mengelar aksi di depan perempatan Mirota, Kampus Yogyakarta.

Selain menggelar orasi antitembakau dan rokok, para mahasiswa juga memberikan edukasi dan sosialisasi mengenai bahaya merokok kepada pengguna jalan yang melintasi lokasi demo.

Mahasiswa juga menyiapkan permen untuk mengantikan fungsi rokok. "Kita berusaha memberikan pengertian kepada masyarakat mengenai bahaya dan kandungan zat kimia yang ada di dalam rokok," kata koordinator Aksi, Fahmi.

Fahmi menjelaskan, meski berbahaya bagi kesehatan, rokok sudah menjadi budaya dan membuat rokok sulit tergantikan. "Masyarakat akhirnya terlena ketika rokok sebagai budaya, dan disejajarkan dengan wayang, keris, batik, atau Candi Borobudur," ucap Fahmi.

Menurut Fahmi, harus diakui industri rokok mampu membiayai iklan super kreatif dan amat melekat diingatan warga. Hampir semua iklan rokok pintar memainkan kata-kata dan piawai memengaruhi kesadaran agar pembaca dan penonton menjadi perokok.

Menyikapi beberapa hal tentang rokok baik dari segi kesehatan dan ekonomi, massa pedemo mengajak seluruh elemen masyarakat di mulai dari mahasiswa untuk menjauhi rokok dan elemen yang menyertainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com