Kompas.com - 02/06/2013, 10:48 WIB
EditorAsep Candra

BANDUNG, KOMPAS.com - Sembelit atau ketidakmampuan buang air besar lebih dari tiga hari merupakan salah satu faktor risiko dari beberapa penyakit saluran cerna. Bahkan, dalam tahap lanjut, gangguan kesehatan yang dikenal dengan istilah konstipasi ini dapat mengakibatkan kanker usus besar atau kanker kolorektal.

Menurut spesialis pencernaan dari Bagian Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM) dr. Ari Fahrial Syam Sp.PD, sembelit sebenarnya dapat dicegah dengan beberapa cara sederhana. Di antaranya cukup mengonsumsi makan mengandung serat, minum air, dan beraktivitas fisik.

"Sayangnya, perubahan gaya hidup masyarakat kini cenderung mengonusmi makanan berlemak dan kurang serat, serta kurang beraktivitas fisik. Maka prevalensi konstipasi cenderung meningkat beberapa tahun terakhir," paparnya.

Dalam upaya kepedulian akan meningkatnya prevalensi konstipasi, PT Boehringer Ingelheim menggelar acara bertajuk "Aksi Lancar" di Lapangan Tegallega, Bandung, Minggu (2/6/2013) pagi. Acara ini mengajak masyarakat kota Bandung khususnya untuk peduli kesehatan pencernaan dan menerapkan gaya hidup sehat dengan melakukan olahraga zumba dan minum jus.

Panasnya matahari pagi tidak menghalangi semangat masyarakat Bandung untuk melakukan gerakan zumba. Sekitar 1.000 peserta tampak memadati lapangan Tegallega, dan dengan antusias mereka menirukan gerakan-gerakan enerjik dari instruktur zumba. Menambah kemeriahan Aksi Lancar, turut hadir pula brand ambassador Dulcolax Laudya Cynthia Bella dan artis penyanyi Kerispatih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.