Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Anak Memakai Lensa Kontak?

Kompas.com - 17/06/2013, 11:35 WIB
Rosmha Widiyani

Penulis


Kompas.com- Lensa kontak merupakan alternatif lain selain kacamata untuk memperbaiki penglihatan. Anak-anak pun sebenarnya bisa memakai lensa kontak, terutama anak berusia di atas 8 tahun dan sudah bisa bertanggung jawab terhadap kebersihan lensa kontak.

Jika anak tidak suka memakai kacamata dan ingin menggunakan lensa kontak, pastikan mereka memahami risiko jika kebersihan tidak terjaga. Konsultasikan pada dokter mata jenis lensa kontak yang paling baik sesuai dengan gangguan mata yang dialami anak. Hindari membeli lensa kontak di pusat pertokoan atau toko kosmetik.

"Lensa yang kotor bisa menjadi sarang bakteri dan berpotensi mengganggu kesehatan mata, misalnya mata jadi merah atau gatal," kata dr. Tri Rahayu, Sp.M dari Jakarta Eye Center cabang Kedoya Jakarta, Sabtu (15/6/13).

Pada anak, penggunaan lensa kontak juga bisa meningkatkan rasa percaya diri mereka. Namun lensa kontak pada anak umumnya dipakai untuk memperbaiki kelainan mata, misalnya nystagmus atau bola mata bergerak tanpa kendali, rabun jauh parah, atau pun anisometropia (jereng).

Untuk anak-anak, Tri menyarankan lensa kontak berbahan silikon. Menurutnya bahan ini menurunkan risiko terinfeksi bakteri hingga lima persen dibandingkan dengan lensa berbahan hidrogel. "Yang penting harus diganti setiap hari. Pemakaian lensa kontak jangka pendek membuatnya tetap bersih dibanding penggunaan jangka panjang," katanya.

Selain cara memakainya, ajari juga anak cara membersihkan, menyimpan lensa kontak, sampai memperhatikan tanggal kedaluwarsa lensa. 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com