Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/06/2013, 15:38 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com -Tak hanya sinar matahari yang mampu membantu penyerapan vitamin D pada tubuh. Sebuah riset baru mengindikasikan, suplemen probiotik juga dapat meningkatkan penyerapan vitamin D.

Studi yang dipublikasikan  Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism  menyatakan, mengonsumsi suplemen probiotik dapat meningkatkan serapan kadar vitamin D sebanyak lebih dari 25 persen. Temuan ini menjadi bukti pertama yang menyatakan probiotik memiliki peran dalam menjaga kadar nutrien penguat tulang dalam tubuh.

Studi sebelumnya menunjukkan bahwa strain probiotik tertentu yang disebut dengan Lactobacillus reuteri NCIMB 30242 memiliki efek mengurangi kadar kolesterol. Namun efeknya dalam penyerapan vitamin larut lemak seperti vitamin D masih belum diketahui.

Para peneliti menelaah efek probiotik pada sekelompok orang dewasa yang diminta mengonsumsinya selama sembilan minggu. Selanjutnya mereka memeriksa kadar vitamin D dengan mengukur kadar 25-hidrovitamin D dalam darah para peserta.

Vitamin D diketahui merupakan mikronutrien penting untuk mencegah adanya gangguan kesehatan seperti ricket pada anak-anak dan osteoporosis pada orang dewasa. Kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko pengurangan penyerapan kalsium pada tulang yang berakibat tulang rapuh.

Para peneliti juga menemukan hubungan antara kadar vitamin D dengan proteksi melawan penyakit jantung, penyakit autoimun, dan diabetes.

Penyerapan vitamin D bisa mengalami hambatan lantaran beberapa faktor. Antara lain paparan sinar matahari yang terbatas, kulit hitam, obesitas, dan ketidakmampuan tubuh untuk menyerap atau mengkonversi vitamin D ke dalam bentuk aktifnya.

Pimpinan penelitian dr. Jones mengatakan, studi ini menambah pengetahuan tentang komunitas bakteri di usus atau mikrobium tentang manfaatnya untuk kesehatan manusia.

"Meski sudah lama diketahui usus memiliki peran penting dalam penyerapan vitamin D, namun temuan ini menunjukkan vitamin D ternyata merespon lebih baik apabila probiotik dikonsumsi secara oral," paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com