Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kupas 3 Jenis Diet Terbaru, Mana yang Berhasil, Mana yang Tidak?

Kompas.com - 27/06/2013, 14:42 WIB


KOMPAS.com —
Ada banyak sekali jenis pola makan atau diet dari seluruh dunia. Namun, apakah semua jenis diet bisa berhasil? Mari kita kupas tiga pola diet berikut ini.

Dengan semua tren diet yang terus bermunculan setiap hari, tidak mengherankan jika banyak orang bingung diet mana yang harus diikuti untuk mencapai berat badan yang ideal dan proporsional.

Berikut adalah tiga macam diet yang muncul di masyarakat akhir-akhir ini. Berikut penjelasannya.

"The fast diet"

The fast diet atau diet puasa atau juga disebut dengan 5:2 diet ini menganjurkan Anda hanya memakan 600 kalori selama dua hari, lalu makan apa pun makanan yang Anda sukai pada lima hari berikutnya, seperti pizza, makanan cepat saji, dan lainnya. Tetapi, diet asal Inggris ini sangat tidak masuk akal dan mengandung pesan yang salah.

Membatasi kalori yang masuk ke tubuh memang telah terbukti mampu memperpanjang umur dan membantu untuk membalikkan kerusakan tubuh yang disebabkan oleh gula dan makanan olahan. Tetapi, melakukan diet 5:2 bukanlah ide yang baik.

"The fast metabolism diet"

The fast metabolism diet atau diet metabolisme cepat terfokus pada strategi sederhana untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Haylie Pomroy, penulis diet ini, menyarankan orang-orang untuk tidak memakan makanan olahan, makanan cepat saji, gluten, susu, jagung, kafein, dan alkohol. Ia berfokus pada kualitas makanan, tidak menghitung kalori.

Diet ini mengajarkan orang-orang tentang bagaimana tingkat metabolisme berpengaruh terhadap proses pembakaran lemak dan pembentukan otot. Tetapi, perubahan pola makan yang dikonsumsi dari segi protein, lemak, dan karbohidrat akan sedikit susah diterapkan bagi beberapa orang.

"The VB6 diet"

Diet VB6 atau Vegan before 6pm adalah sebenarnya bukan tentang diet, melainkan memikirkan kembali hubungan Anda dengan makanan. Mark Bittman, penulis program diet ini, menegaskan bahwa ide dasar diet ini adalah dengan menjadi vegan, tidak memakan makanan hewani sebelum jam 6 sore, tetapi kemudian Anda dapat memakan apa pun yang Anda inginkan sesudahnya.

Mengurangi makanan yang berasal dari hewan sangat baik untuk berbagai alasan. Bittman menawarkan enam prinsip sederhana untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah obesitas, yaitu:

1. Makan lebih banyak buah dan sayuran.
2. Mengurangi makanan produk hewani.
3. Tidak makan makanan cepat saji.
4. Memakan masakan rumah yang terbuat dari bahan-bahan segar.
5. Jangan berfokus pada berat badan, tapi kesehatan.

Jadi, diet jenis apa yang Anda ingin lakukan? (the)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com