Kompas.com - 02/07/2013, 07:16 WIB
shutterstock
EditorLusia Kus Anna

Fachrutdin Tjioe (66) tahun 2009 menjalani terapi cryosurgery alias pembekuan sel kanker prostat di Rumah Sakit Kanker Fuda, Guangzhou, China. Sampai kini ia tetap bugar karena disiplin merawat tubuh dengan jalan kaki setiap pagi, mengonsumsi makanan sehat, dan menghindari bersusah hati.

Kalau ada kematian, saya tidak pernah ikut melayat untuk menjaga perasaan supaya tidak ikut hanyut dalam kesedihan,” ujar Fachrutdin dalam perjalanan menuju Rumah Sakit Kanker Fuda, Guangzhou, 22 Mei 2013.

Saat itu Fachrutdin ke rumah sakit tersebut untuk menghadiri seminar International (Guangzhou) Forum on Cancer Treatment, 24-26 Mei 2013.

Disiplin merawat tubuh bagi penderita kanker, seperti dilakukan Fachrutdin, sangat berpotensi menidurkan sel kanker. Aktivitas sel kanker di dalam tubuh menyurut sehingga harapan hidup pasien meningkat.

Menurut Direktur Utama RS Kanker Fuda Xu Kecheng, sel kanker selalu ada di tubuh manusia, terutama orang yang pernah didiagnosis mengalami kanker. Muncul atau kambuhnya kanker disebabkan sistem kekebalan tubuh melemah dan pola hidup keliru.

Kanker merupakan penyakit sistemik. Sel kanker menyebar ke darah, tulang, dan jaringan tubuh lain. Tak ada jalan lain untuk mengendalikan selain meningkatkan kekebalan tubuh dan menidurkan sel-sel kanker.

Usia maksimum

Li Yan Hong dari RS Kanker Fuda Departemen 1 menyebutkan, secara fisiologis, usia maksimum mamalia, termasuk manusia, lima sampai tujuh kali fase pertumbuhan gigi terakhir.

Diperhitungkan, fase pertumbuhan gigi terakhir manusia pada usia 20-25 tahun. Artinya, usia maksimum manusia mencapai tujuh kali 25 tahun atau mencapai 175 tahun. Setidaknya, usia manusia pada kisaran lima kali 20 tahun atau 100-175 tahun.

Faktor keturunan dan kebiasaan hidup berpengaruh pada kesehatan, termasuk timbulnya kanker. Menurut Li, tantangan terbesar saat ini berupa maraknya junk food yang tidak sehat. Di sisi lain, makanan sehat, seperti makanan organik, makin berkurang.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X