Ramuan Masuk Angin untuk Anak

Kompas.com - 12/07/2013, 09:38 WIB
Jahe shutterstockJahe
|
EditorAsep Candra


KOMPAS.com - Masuk angin kerap dialami anak-anak terutama bila kecapekan. Biasanya, anak akan mengalami berbagai keluhan seperti perut kembung, mulas, tubuh demam, atau sedikit rewel.

Menurut praktisi homeopati, Tjok Gde Kerthyasa, masuk angin sebetulnya merupakan suatu gejala awal masuknya bakteri penyebab penyakit ke dalam tubuh. Saat masuk angin timbul, daya tahan tubuh harus dalam kondisi baik. Sehingga tubuh tidak kalah melawan bibit penyakit.

Gejala masuk angin, kata Tjok, dapat diatasi dengan menggunakan ramuan herbal. Herbal yang digunakan harus bersifat karminatif, yaitu berefek seperti meluruhkan angin.

"Herbal juga membantu usus yang berkontraksi, sehingga tidak terlalu mulas atau kembung," kata Tjok Gde pada Puasa Sehat Cara Herbal bagi Keluarga Bersama Deltomed, di Jakarta pada Kamis (11/7/2013).

Dalam kesempatan itu, Tjok Gde berbagi resep ramuan masuk angin pada anak, berikut ramuannya:

Bahan :

1. Biji Adasc1 sendok makan

2. Jahe 1 ruas jari

3. Daun mint 5 lembar

4. Madu asli 1 sendok teh

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X