Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atasi Gigi Rusak dengan Pasta Gigi Mengandung Bola Kalsium

Kompas.com - 24/07/2013, 13:59 WIB
Rosmha Widiyani

Penulis

Sumber Dailymail

Kompas.com — Para peneliti menciptakan bola-bola kaca yang terbuat dari kalsium dan fosfat yang dicampurkan dalam pasta gigi untuk menjaga kesehatan gigi.

Bola-bola berukuran tak lebih dari sehelai rambut ini bertujuan memperbaiki kerusakan gigi yang cukup parah, tetapi belum memerlukan tambalan. Manfaat lain dari bola-bola ini adalah mengurangi rasa ngilu di gigi akibat gigi sensitif.

Peneliti dan dokter gigi dari University of London, Queen Mary, yang menciptakan inovasi ini mengatakan, bola bioglass ini menahan kalsium dan fosfat. Kandungan mineral itu akan segera dilepaskan bila kontak dengan kelembaban tinggi, misalnya saliva di mulut.

Kalsium dan fosfat penting untuk memperbaiki gigi sensitif serta menghambat perusakan gigi. Kedua bahan ini merupakan komponen utama pelindung lapisan luar gigi yang disebut enamel.

Saat disikat ke permukaan gigi, bola akan mengisi area yang lemah atau enamel yang rusak. Pada gigi sensitif, bola ini mengisi area di mana gigi makin melorot dari gusi.

Semakin tinggi kandungan fosfat, perlindungan semakin efektif.

Peneliti sebelumnya pernah mencoba bahan fluoride untuk menguatkan gigi, tetapi hasilnya tidak seefektif bila menggunakan fosfat.

Pasta gigi dengan bola-bola khusus ini dapat segera membentuk lapisan baru pada gigi dalam waktu kurang dari tiga jam.

"Material kaca bioaktif sedang hangat dibicarakan. Intinya adalah bagaimana mendapat produk yang bisa memberi manfaat maksimal," kata Hugh Devlin, profesor restorasi gigi University of Manchester.

Menurut dia, produk ini diharapkan bisa diluncurkan secara komersial dalam 2 tahun mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com