Kompas.com - 29/07/2013, 15:35 WIB
shutterstock
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Kehidupan di kota besar seringkali menjauhkan kita dari tidur nyenyak. Meski selalu pulang dalam kondisi lelah dan lesu setelah beraktivitas, tetapi mata tetap sulit terpejam di malam hari.

Stres dan aktivitas yang masih harus dilakukan sampai larut malam merupakan penyebab utama mengapa gangguan tidur menjadi masalah yang akrab ditemui manusia modern.

Meski begitu ternyata kurang vitamin juga berpengaruh besar mengapa kita sulit mendapatkan tidur yang berkualitas di malam hari. Karena itulah mengapa kita tidak memperbaiki pola makan sebelum ke apotik untuk mencari obat tidur.

Berikut adalah tiga gangguan tidur yang disebabkan oleh kekurangan vitamin atau mineral.

- Sulit tertidur
Magnesium berperan besar dalam fungsi tubuh untuk mengatur tidur. Insomnia adalah salah satu gejala kekurangan magnesium, bahkan menurut penelitian, kekurangan mineral ini juga memicu depresi dan masalah mental.

Cukupi kebutuhan tubuh akan magnesium dengan lebih sering mengonsumsi sayuran berdaun hijau tua, biji-bijian, kacang-kacangan, serta ikan.

- Tidur tak nyenyak
Suplementasi potasium bisa membantu mereka yang kesulitan tidur nyenyak sepanjang malam. Selain pisang, kacang-kacangan, sayuran, alpukat, dan kentang merupakan sumber potasium terbaik.

- Lelah dan ngantuk di siang hari
Ada kaitan kuat antara rasa kantuk di siang hari dengan kekurangan vitamin D. Sinar matahari adalah sumber terbaik vitamin ini. Namun kita juga dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin D melalui ikan laut dalam serta makanan yang difortifikasi.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X