Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/07/2013, 10:20 WIB


TANYA :

Salam Dok......Saya susah untuk tertawa sudah 1 tahun dan sering mengalami sakit kepala yang sangat menusuk. Apakah gara-gara sakit yang saya derita, saya menjadi susah untuk tertawa?  Saya sering mengantuk, malas mengerjakan apapun itu. Tetapi saya bingung dok, apakah ini juga ada hubungan kolesterol dengan sakit kepala sehingga mengakibatkan masalah kejiwaan, misalnya susah untuk tertawa? Terimakasih ya dok...

(Sindak Hutagaol, 55, Toba)

 

JAWAB :

Pak Hutagaol yang baik,

Gejala fisik memang bisa merupakan gejala gangguan kejiwaan. Banyak kondisi gangguan kejiwaan yang mempunyai manifestasi gejala fisik. Gangguan depresi, gangguan kecemasan, gangguan somatoform adalah sebagian gangguan kejiwaan yang mempunyai banyak manifestasi gejala fisik.

Gejala lain yang bapak katakan juga sering menjadi gejala tambahan pada pasien gangguan kejiwaan seperti mengantuk dan malas melakukan aktivitas.

Satu yang perlu diingat adalah bagaimana memandang kondisi fisik kita sebagai bagian yang tidak terpisah-pisah antara masalah psikis dan fisik. Kondisi yang bapak alami bisa disebabkan karena faktor fisik medis yang berpengaruh terhadap kondisi mental atau sebaliknya. Untuk itu, bapak perlu menyingkirkan dulu kemungkinan adanya gangguan medis yang mengganggu.

Kalau ada maka harus dilakukan pengobatan untuk kondisi tersebut. Keterkaitan gejala dalam ilmu kedokteran selalu dimungkinkan, itulah mengapa ada istilah psikosomatik dan somatopsikis, dimana faktor kejiwaan dan medis saling terkait.

Coba bapak melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk kondisi fisiknya. Jika memang tidak ada masalah berarti, mungkin ada baiknya memikirkan untuk berkonsultasi ke psikiater.

Salam Sehat Jiwa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com