Kompas.com - 01/08/2013, 15:08 WIB
Ilustrasi shutterstockIlustrasi
EditorLusia Kus Anna

Mudik kali ini mengajak anak-anak? Mudik bukan sekadar perjalanan untuk pulang kampung tetapi juga waktu untuk menikmati ikatan keluarga. Buat perjalanan mudik keluarga Anda nyaman dan menyenangkan dengan melakukan tips berikut ini.

1. Tentukan rute perjalanan
Sangat penting untuk menentukan rute perjalanan yang akan Anda dan keluarga tempuh menuju kampung halaman. Penentuan rute ini penting karena bila jarak tempuhnya jauh Anda bisa memperkirakan sekaligus menentukan di mana saja bisa beristirahat ketika sudah merasa lelah.

Kalau Anda memutuskan untuk menginap terlebih dahulu di tengah perjalanan,  pak pakaian dan perlengkapan yang cukup untuk seluruh keluarga di sebuah tas tersendiri. Dengan demikian Anda tidak perlu repot menurunkan tas besar.

Jika Anda mudik dengan santai, tidak harus segera sampai di kampung halaman, Anda bisa coba perhatikan tempat-tempat wisata yang berada di jalur yang akan Anda lalui. Anda bisa mengajak keluarga Anda mampir sejenak ke sana dan menikmati liburan.

2. Bekal nikmat dan sehat
Umumnya, mudik dilakukan ketika masih berpuasa. Pastikan sebelum berangkat Anda sudah cukup terhidrasi. Untuk antisipasi, bawa persediaan minuman yang cukup terutama air mineral.

Bila Anda membawa minuman selain air mineral, sangat disarankan untuk membawanya dalam jumlah sedikit. Mengapa? Minuman seperti susu, jus buah atau dalam kemasan biasanya dibawa sebagai minuman selingan. Namun rasa manis mereka akan memicu rasa haus yang mengakibatkan Anda dan keluarga terutama anak untuk rajin minum. Ingat, semakin banyak atau anggota keluarga minum, semakin sering pula kebutuhan untuk pergi ke toilet.

Untuk  bekal makanan, membawa camilan adalah hal yang baik tetapi sebaiknya jangan terlalu banyak. Mengunyah terus dapat menyebabkan masalah perut, perlu banyak kali berhenti untuk ke toilet, menyisakan remah-remah di dalam mobil yang dapat mengundang serangga atau hewan-hewan kecil yang tidak diinginkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bawa camilan yang sehat dan buah sebagai pengganjal perut jika belum ada tempat beristirahat yang mumpuni. Bila Anda mudik dengan si kecil, lolipop dikenal sebagai penyelamat untuk beberapa orang tua karena anak-anak menjadi tenang saat menikmatinya.

Bila anak Anda masih bayi atau balita, Anda bisa menyiapkan mini toilet darurat sebagai antisipasi bila dalam perjalanan Anda sulit menemukan perhentian atau tempat istirahat yang mumpuni.

3. Nyaman berkendara dan ciptakan suasana menyenangkan
Kenakan pakaian dan kelengkapan lainnya yang nyaman. Bawa kaus jika tempat tujuan Anda bercuaca panas, jaket atau selimut untuk daerah tujuan bersuhu dingin. Anda juga bisa membawa bantal kecil untuk mendukung kepala ketika lelah.

Untuk menemani Anda menyetir, Anda bisa siapkan CD lagu-lagu favorit Anda. Sementara untuk anak dan keluarga, bila di kendaraan Anda terdapat televisi mini dan pemutar video, Anda bisa membawa DVD film kesukaan anak Anda. Anda juga bisa bermain teka-teki yang mendidik di dalam mobil ketika jalanan macet.

Sumber: www.tipsdokter.com

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X