Kompas.com - 02/08/2013, 14:50 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Ada banyak penyebab kesulitan hamil pada seorang wanita. Tetapi salah satu yang cukup sering terjadi adalah karena sindrom ovarium polikistik (polycystic ovary syndrome/PCOS).

PCOS adalah gangguan keseimbangan kadar hormonal. Pada sindrom ini tubuh wanita memproduksi hormon laki-laki (androgen) secara berlebihan. Akibatnya wajah lebih berminyak dan rambut tumbuh secara berlebihan, terutama di tangan dan kaki.

Gejala utama PCOS adalah gangguan haid. Hampir semua wanita dengan sindrom ini tidak mengalami mengalami jadwal haid yang normal ketika remaja, bahkan ada yang berhenti haid sama sekali.

Kebanyakan wanita menyadari mereka menderita PCOS di usia dewasa muda atau sekitar usia 20-an, ketika siklus haid mereka terganggu atau belum haid. PCOS juga bisa menyebabkan kesulitan hamil.

Wanita dengan PCOS pada umumnya juga menderita kegemukan dan kebotakan pada bagian puncak kepala. Sindrom ini juga bisa meningkatkan risiko diabetes, tekanan darah tinggi, serta kolesterol tinggi.

Penurunan berat badan sangat disarankan untuk mengurangi kadar insulin dan hormon androgen.

Dokter belum mengetahui penyebab pasti sindrom ini, tapi penelitian menunjukkan ini berkaitan dengan insulin, yaitu hormon yang diproduksi pankreas yang mengantur transpor gula dari darah ke sel tubuh.

Meski belum ada obat yang bisa menangani sindrom ini tetapi kontrasepsi hormonal dosis rendah bisa mengatasi gangguan siklus haid dan pertumbuhan rambut di tubuh. Konsultasikan dengan dokter untuk menemukan pengobatan yang tepat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber WebMD
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.